Perolehan Suara Prabowo-Hatta Lewat Drop Box Disoal

Kamis, 17 Juli 2014 – 21:39 WIB

jpnn.com - JAKARTA – Keunggulan mencolok pasangan calon presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Kuala Lumpur, Malaysia, menjadi perhatian serius kubu pasangan calon presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Apalagi diketahui dalam total surat suara yang dibacakan panitia pemilihan luar negeri (PLLN) perwakilan Kuala Lumpur, Malaysia, perolehan suara tidak disertai tandatangan saksi pasangan yang diusung PDIP, NasDem, Hanura, PKB dan PKPI.

BACA JUGA: Kapolri Bantah Ada Perintah Tembak di Tempat

Menurut tim kampanye pasangan Jokowi-JK, Arief Wibowo, saksi tidak menandatangani hasil rekapitulasi karena menduga telah terjadi kecurangan, sehingga terdapat hasil yang tidak dapat diterima secara akal sehat.

"Jadi saksi kita tidak menandatangani berita acara rekapitulasi di Kuala Lumpur, itu merupakan lazim. Karena itu kalau ditulis mereka tidak tandatangan karena mendapat arahan, itu lebay,” katanya dalam rapat pleno yang digelar di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (17/7) malam.

BACA JUGA: Kejaksaan Diminta Lebih Tanggap Aduan Masyarakat

Pandangan senada juga dikemukakan tim sukses Jokowi-JK lainnya, Ferry Mursidan Baldan. Menurutnya, dugaan kecurangan muncul karena suara Prabowo-Hatta meningkat luarbiasa dari pemungutan suara yang menggunakan drop box.

“Ada sesuatu yang harus dipertanggungjawabkan. Drop box itu kan fasilitas memudahkan. Jangan justru dijadikan tempat atau modus penggelembungan suara,” ujarnya.

BACA JUGA: Isyaratkan Golkar dan Demokrat Tak Dapat Apa-apa

Karena itu ia meminta PPLN Kuala Lumpur harus menjelaskan di titik-titik mana saja pengambilan suara drop box dilaksanakan dan seperti apa mekanisme pemungutannya.

"Kalau problemnya pekerja ilegal yang nggak punya paspor, kan yang berhak memilih itu mereka yang punya identitas," katanya.

Sebelumnya PPLN Kuala Lumpur membacakan pasangan Prabowo-Hatta meraih 111.994 suara. Sementara Jokowi-JK hanya meraih 20.891 suara. Dari jumlah tersebut kemenangan terbesar Prabowo-Hatta didulang dari suara yang masuk lewat pos dan dropbox.

Sementara lewat tempat pemungutan suara (TPS) luar negeri, pasangan Jokowi-JK menang. dengan perolehan 3.254 suara, Prabowo-Hatta 2.521 suara.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Simulasi CAT di Makassar Jadi Ujicoba Calon Pelamar CPNS


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler