Perpanjang Operasi Kereta Lebaran Tambahan

Senin, 04 Agustus 2014 – 07:39 WIB

jpnn.com - MODA transportasi kereta api masih menjadi idola para pemudik. Karenanya, hingga Minggu (3/8) para pengguna kereta api masih terus membludak. Karenanya, PT KAI memperpanjang masa operasi kereta Lebaran tambahan. Dua kereta eksekutif jurusan Jakarta Gambir dijalankan sampai Minggu pekan depan (10/8). Yakni, KA Gumarang dari Surabaya Pasar Turi dan Gajayana dari Stasiun Malang.

Paket kereta tambahan Lebaran 2014 sedianya melayani sampai H+7 pada Selasa (5/8). ’’Perpanjangan masa operasi KA Gumarang dan KA Gajayana mengakomodasi permintaan tinggi masyarakat selama masa arus balik,’’ jelas Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Sumarsono (3/8). Dua KA tambahan Lebaran di luar KA reguler itu masing-masing berkapasitas 350 tempat duduk dengan tarif komersial.

BACA JUGA: Polisi Pantau Kelompok-Kelompok Pendukung ISIS

Selama masa angkutan Lebaran, tiket kereta jurusan jarak jauh dan jarak menengah dari daop 8 hampir selalu ludes. Tambahan kereta ekstra Lebaran belum mengakomodasi pengguna jasa moda angkutan umum berbasis rel tersebut. Apalagi kereta via jalur utara Pulau Jawa mengalami peningkatan volume setelah double track bisa dilintasi dari Jakarta–Kandangan, Surabaya mulai Mei 2014.

Peningkatan jumlah penumpang secara akumulasi di daop 8 diprediksi Sumarsono mencapai 20 persen. Lonjakan tertinggi justru dialami kereta lokal. Kendati jumlah seat KA jarak jauh tidak dijual melebihi okupansi 100 persen, operator tetap membatasi load factor kereta lokal maksimal 107 persen. Sedangkan dispensasi muatan kereta ekonomi lokal mencapai 150 persen.

BACA JUGA: Gus Solah Tak Berminat Masuk Kabinet Jokowi

Hal senada dilontarkan Kepala Stasiun Gubeng M. Sofwan. Kemacetan jalan protokol di seputaran Jatim selama musim Lebaran membuat masyarakat beralih ke moda kereta. ’’Dibandingkan Lebaran 2013, pengguna kereta lokal tahun ini meningkat sekitar 15 persen,’’ tutur Sofwan. Berdasar grafik perjalanan KA terbaru yang mulai berlaku 1 Juni 2014, sedikitnya 16 KA jarak jauh reguler dan 18 KA lokal bertolak dari Gubeng.

Dari Stasiun Pasar Turi, masing-masing ada enam KA jarak jauh reguler dan lima KA lokal. Volume penumpang di daop 8 selama tiga hari setelah Idul Fitri bahkan di atas 33 ribu. Jumlah itu melebihi puncak arus mudik H-2 pada Sabtu (26/7) yang mencapai 31.292 penumpang.

BACA JUGA: Kejagung Siap Bantu KPK Usut Bocoran Wikileaks

Dalam perkembangan lain, masa angkutan Lebaran moda kereta yang didukung posko KA di stasiun-stasiun besar akan diperpanjang selama sepekan ke depan. Kebijakan itu menyusul tingginya penumpang balik sampai H+5 kemarin masih tinggi. Daop 8 Surabaya menaungi 12 kabupaten/kota di Jatim. Batasnya dari Bojonegoro ke timur sampai Bangil, Pasuruan, dan ke selatan sampai Blitar. (ind/sep/mas/nw)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Risma Ungguli Puan dan Muhaimin


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler