Persaingan Ketat Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 SLTA

Selasa, 20 Agustus 2024 – 08:54 WIB
Para finalis Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 berfoto bersama Dewan Juri di panggung Festival LIKE-2, JCC Senayan, Jakarta, 11 Agustus 2024. Foto: Soetomo Samsu/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Rangkaian kegiatan Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 untuk pelajar SLTA sudah selesai pada Minggu 11 Agustus 2024.

Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 dan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

BACA JUGA: Hari Ini Final Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 SLTA

Lomba pidato ini melalui tahapan yang panjang dan persaingan yang ketat. Pendaftaran peserta dibuka pada 2 Mei 2024. Babak final 11 Agustus 2024.

Data dari panitia menyebutkan jumlah peserta sebanyak 794 siswa dari 498 sekolah SMA, Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Final Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 di Festival LIKE-2, Ada Jokowi, Lyodra

Jumlah peserta Lomba Pidato Bahasa Inggris di babak penyisihan ini lebih banyak dari jumlah sekolah karena satu sekolah boleh mendaftarkan lima siswa/siswi sebagai peserta.

Dari 794 peserta, dilakukan seleksi dan tersaring menjadi 60 orang yang berasal dari sekolah SMA/sederajat negeri dan swasta dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Daftar Nama Finalis Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 SLTA

Daftar nama Top 60 dipublikasikan secara terbuka di akun Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Ditjen PPKL KLHK) di Instagram.

Pada babak penyisihan Top 60 ini, yang digelar pada 27 Juli 2024, setiap peserta mempresentasikan pidatonya. Peserta memilih satu tema dari tiga tema yang sudah ditentukan pihak panitia. Semuanya bertema lingkungan hidup.

Dewan juri menggali pemikiran para peserta pada sesi interview. Dari 60 peserta, dewan juri memilih peserta yang masuk babak 20 besar atau semifinal.

Pemeringkatan berdasar total nilai akhir yang diperoleh masing-masing peserta yang mempresentasikan pidatonya dan langsung disusul sesi interview.

Dalam kerangka acuan lomba pidato yang disusun panitia, kriteria penilaian, antara lain kesesuain isi dengan tema pidato dengan bobot 40 persen, kelancaran (fluency), ketepatan tata bahasa (accuracy), dan teknik penyampaian (30 persen).

Pada aspek tersebut, penilaian dilakukan terhadap kualitas bahasa yang digunakan, penggunaan kosakata yang tepat, kalimat yang bervariasi, dan kejelasan ekspresi. Peserta harus mampu mengusai penggunaan tata Bahasa Inggris yang baik.

Pidato harus memiliki struktur yang jelas dan teratur, dengan pengenalan yang kuat, pengembangan argumen yang koheren, dan kesimpulan yang membumi. Setiap bagian pidato harus saling terhubung dengan baik.

Selain itu, penampilan peserta dengan bobot 30 persen. Penilaian dilakukan terhadap kemampuan peserta untuk meyakinkan audience tentang pentingnya isu lingkungan dan memotivasi mereka untuk bertindak.

“Kemampuan peserta untuk menggunakan logika, emosi, dan retorika secara efektif dapat meningkatkan peluang kemenangan,” demikian keterangan dari pihak panitia.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa penilaian dilakukan terhadap kekreatifan dan orisinalitas pendekatan peserta dalam menyampaikan pidato.

“Pidato yang inovatif, menarik, dan memikat memiliki peluang lebih besar untuk menarik perhatian dan mengesankan para juri.”

Penilaian dilakukan terhadap keterampilan peserta dalam berbicara di depan umum, termasuk pengucapan yang jelas, volume suara yang tepat, intonasi yang bervariasi, dan penggunaan bahasa tubuh yang tepat.

“Penentuan pemenang dilakukan berdasarkan jumlah skor penilaian dewan juri yang tidak dapat diganggu gugat,” demikian keterangan pihak panitia, yang tercantum dalam Surat Undangan Kompetisi Diplomasi Lingkungan 2024 yang ditujukan kepada para Kepala Sekolah SMA, Madrasah Aliyah, dan SMK seluruh Indonesia, tertanggal 27 Maret 2024.

Nama-nama peserta yang masuk babak Top 20 atau semifinal Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 tingkat SLTA bertema lingkungan, juga dipublikasikan di akun Instagram Ditjen PPKL KLHK, yakni sebagai berikut:

Ruangan 1

1. Albert Melky H. S.- SMA Unggul Del

2. Kay Moreno A.- Ipeka Puri Indah

3. Verene Luvena - SMAK Santo Fransiskus Assisi Samarinda

4. Hannania Khairani S.- SMA Islam Al-Azhar 4 Kemang Pratama, Bekasi

5. Kenia K. M.- SMAN 1 Manokwari

6. Sam Ratu Adila - SMAN 96 Jakarta

7. Chalesa Elmiya - MAN Insan Cendekia Oki

8. Esther Veronika - SMAK Yos Sudarso Batam

9. Mydear Cyrawita P.A.- SMA AL-HASRA

10. Naila Auliasyifa Z. - MAN 1 Tulungagung.

Ruangan 2

1. Benediva Boaz Ambarita - SMA Unggul Del

2. Syifa Nafisah - SMA IT Insan Cendekia Payakumbuh

3. Phivelle Charmen Lie - SMAN 21 Jakarta

4. Kalila Dewi Sophia - UPH College

5. Skolastika Vimalakirti P. T. - SMA Santa Ursula Jakarta

6. Ashiandra Samaraghandi V. H. - SMAN 11 Semarang

7. William Hansel - SMA Trinitas

8. Zata Amanda S. - SMAN 2 Bandar Lampung

9. Farrelina Khaerunisa W. - Madrasah Aliyah Al-Hikmah 2

10. Vania Theola Tanako - SMKN 1 Tarakan.

Babak semifinal atau Top 20 digelar pada Jumat, 2 Agustus 2024. Setiap peserta kembali mempresentasikan pidatonya, dengan tema yang berbeda lagi, meski dengan tema besar mengenai masalah lingkungan.

Pada sesi interview, para peserta harus menjawab pertanyaan-pertanyaan dewan juri, tentu dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Dari 20 peserta, dewan juri menetapkan 6 nama masuk babak final atau Top 6.

Dikutip dari akun resmi Ditjen PPKL KLHK di Instagram, berikut ini daftar nama 6 finalis Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 dan asal sekolahnya, yang terbagi dalam dua ruangan seleksi:

Ruang Satu

1. Syifa Nafisah - SMA IT Insan Cendekia Payakumbuh, Sumbar

2. Verene Luvena - SMAS Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda, Kaltim

3. Sam Ratu Adila - SMA Negeri 96 Jakarta

Ruang Dua

1. Benediva Boaz Ambarita - SMA Unggul Del, Toba, Sumut

2. Kalila Dewi Sophia - UPH College, Tangerang, Banten

3. Ashiandra Samaraghandi Varadiana Harmanto - SMAN 11 Semarang, Jateng

Final Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024

Babak Final Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 untuk pelajar SLTA digelar pada Minggu, 11 Agustus, dalam rangkaian Festival LIKE-2 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

LIKE merupakan singkatan dari Lingkungan, Iklim, Kehutanan, Energi EBT.

Festival LIKE-2 digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 8-11 Agustus 2024.

Para finalis atau Top 6 Lomba Pidato Bahasa Inggris hadir sepanjang pagelaran Festival LIKE-2.

Mereka bisa menyaksikan secara langsung kehadiran Presiden Joko Widodo pada hari kedua Festival Like-2, Jumat (9/8).

Bahkan, sebagian bisa mendekat dan berselfie ria dangan Presiden Jokowi.

“Bagi saya, ini pertama kali bisa melihat secara langsung Presiden Jokowi dari jarak dekat. Wow banget,” kata Sam Ratu Adila, siswi SMA Negeri 96 Jakarta, finalis Lomba Pidato Bahasa Inggris, kepada JPNN.com di JCC Jakarta.

Presiden Jokowi hadir untuk menyerahkan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial seluas 1,07 juta hektare, Tanah Obyektif Reforma Agraria (TORA) seluas 43 ribu hectare.

Presiden Jokowi juga menyerahkan SK lahan sawit rakyat, serta sertifikat layanan dana lingkungan untuk masyarakat.

Beberapa menteri mendampingi Presiden Jokowi, antara lain Menteri LHK Siti Nurbaya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) merangkap Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Perlu diketahui, selain lomba Pidato Bahasa Inggris, ada juga Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat SMA dan final Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Mahasiswa.

Selain itu, ada lomba konsep pemulihan lingkungan, lomba video lingkungan, dan lomba karya tulis.

Final Lomba Pidato Bahasa Inggris, dan final beberapa lomba tersebut di atas, digelar di hari terakhir Festival LIKE-2 pada 11 Agustus 2024.

Khusus final Lomba Pidato Bahasa Inggris Lingkungan Tingkat Nasional 2024 untuk pelajar SLTA, dewan juri terdiri dari 5 orang, yakni:

1. Dian Triansyah Djani, Special Staff to the Minister of Foreign Affairs for Strengthening Priority Programs at the Ministry of Foreign Affairs.

2. Yuri Octavian Thamrin, Permanent Representative of The Republic of Indonesia to the United Nation.

3. Adrianto Darmoyo, Vice President Solar & Wind from Medco Power Indonesia.

4. Valerina Daniel, News Anchor and Communication Advisor.

5. Putu Ayu Saraswati, Puteri Indonesia Lingkungan 2020.

Pagi hari sebelum final digelar, hadirin dihibur Ndarboy Genk, penyanyi pop jawa yang lagi naik daun. Ribuan penontong heboh, digoyang musik genre dangdut koplo.

Beberapa pejabat eselon I Kementerian LHK ikut bergoyang ria di panggung megah dipadu tata cahaya yang gempita dan energik.

Seusai penampilan Ndarboy Genk, babak final Lomba Pidato Bahasa Inggris bertema lingkungan digelar. Satu per satu naik panggung, di hadapan ribuan penonton, yang sebagian merupakan para finalis beragam lomba.

Tepuk tangan selalu meriah, lantaran para finalis diperkenankan mengerahkan suporter. Banyak di antara mereka mengenakan seragam asal sekolah masing-masing.

Tampak sebagian mengenakan jaket almamater Universitas Indonesia (UI), ITB, IPB University, UNS, Universitas Pertamina, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan beberapa lagi lainnya.

Penampilan para finalis Lomba Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024, secara umum, cukup baik dan mampu memukau penonton.

Seusai mempresentasikan pidatonya, setiap finalis menjalani sesi tanya jawab. Semua finalis mampu memberikan penjelasan mumpuni dalam merespons pertanyaan-pertanyaan dewan juri.

Sore hari, saat yang mendebarkan tiba, yakni pengumuman para pemenang lomba.

Untuk Lomba Pidato Bahasa Inggris, juara I ialah Benediva Boaz Ambarita, siswi SMA Unggul Del, Toba, Sumut.

Juara II Verene Luvena siswi SMAS Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda, Kaltim.

Juara III Kalila Dewi Sophia, siswi UPH College, Tangerang, Banten.

Adapun Juara Harapan I Syifa Nafisah dari SMA IT Insan Cendekia Payakumbuh, Sumbar.

Juara Harapan II Sam Ratu Adila siswi SMA Negeri 96 Jakarta.

Juara Harapan III Ashiandra Samaraghandi Varadiana Harmanto, siswi SMAN 11 Semarang, Jateng.

Menanggapi hasil tersebut, Sam Ratu Adila mengaku puas bisa ikut berkompetisi dan masuk babak final Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024.

“Teman-teman finalis lainnya memang hebat-hebat, penampilannya keren semua. Saya ucapkan selamat buat semuanya,” kata Sam Ratu Adila kepada JPNN.com, seusai final Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 untuk pelajar SLTA. (ppkllhk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler