Persipura v Sriwijaya FC: Laga Syarat Gengsi

Selasa, 27 Juli 2010 – 04:30 WIB
GENGSI - Persipura, yang harus 'rela' kehilangan gelar juara ISL tahun ini, siap menghadapi Sriwijaya FC di semifinal Piala Indonesia. Foto: JPNN/arsip.
SIDOARJO - Pertandingan syarat gengsi babak semifinal Piala Indonesia akan segera dimulaiPersipura Jayapura akan bentrok melawan Sriwijaya FC untuk merebut satu tiket ke partai final, dalam babak semifinal Piala Indonesia di Gelora Delta, Sidoarjo, malam nanti (siaran langsung RCTI Ppukul 20.00 WIB).

Yang pasti, kedua tim tidak mau kecolongan dalam laga tersebut, terutama Persipura

BACA JUGA: Akhir Bulan Ini Sudah Ada Manajer

Mantan juara bertahan Indonesia Super League (ISL) 2008-2009 itu akan menurunkan kekuatan penuh untuk menghalangi ambisi Sriwijaya FC
Maklum saja, ini sudah kali ketiga tim Mutiara Hitam - julukan lain Persipura - menuju partai puncak kejuaraan paling bergengsi nomor dua setelah ISL itu.

Anak asuh Jackson F Tiago itu pernah dikandaskan oleh Arema Indonesia pada partai final Copa Indonesia di tahun 2007-2008 di Gelora Delta, Sidoarjo

BACA JUGA: Membedah Peta Persaingan Ligue 1 Musim 2010-2011

Tidak sampai di situ, Eduard Ivakdalam dkk juga harus menelan pil pahit untuk kedua kalinya, setelah mogok saat kontra Sriwijaya FC dalam final Piala Indonesia musim 2008-2009.

"Itu bagian dari sejarah kami
Tapi, kami datang ke sini (Sidoarjo, Red) juga punya ambisi untuk bikin sejarah baru

BACA JUGA: Penantian Panjang Selama 19 Tahun

Dan saya yakin ambisi itu bisa kami raihSebab pertandingan kali ini berada di daerah yang cukup netral," ucap Jackson, pelatih Persipura, saat uji lapangan di Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (26/7).

Menurut Jackson, dalam pertandingan malam nanti, dia akan tetap menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain pendek dengan akselerasi yang sangat cepatAlasannya, skuad Laskar Wong Kito - julukan lain Sriwijaya FC - juga bermaterikan pemain-pemain berkualitas.

"Yang pasti, semua pemain harus bekerjaDan kami tidak hanya fokus untuk mematikan pergerakan satu pemain semataNamun, semua pemain dari mereka wajib diantisipasiJadi, bagi siapa yang dekat dengan bola, maka dia wajib untuk mengamankan bola tersebut," ulas pelatih asal Brazil itu.

Sementara itu, dalam pertandingan melawan Persipura nanti, Rahmad Darmawan, pelatih Sriwijaya FC, tidak mau anak asuhnya telihat tegang"Yang pasti, tugas utama saya adalah membuat anak-anak agar tidak telihat tegang saat bertemu Persipura nantiPemain harus lebih enjoy dari biasanya," ungkap pria yang juga pensiunan TNI itu.

Bagi Rahmad, dengan kondisi mental lebih enjoy, maka para pemain memiliki peluang besar untuk mengeksplorasi kemampuannya di dalam lapanganBegitu juga sebaliknya, pemain akan terlihat lebih kaku jika kondisi mentalnya lagi tidak bagus.

"Meski hanya sedikit, kondisi mental pemain sangat mempengaruhi jalannya lagaMental pemain yang lebih rileks akan membawa dampak positif bagi timPaling tidak, pemain bisa lebih menikmati pertandingan, dan ball position lebih banyak dikuasai oleh anak-anak," sambung dia.

Senada dengan Jackson, Rahmad juga sesumbar jika kolektifitas tim menjadi andalan Sriwijaya FC"Kami sudah sering bertemuDan barisan belakan mereka sangat kuat dan disiplinTidak hanya itu, sektor depan mereka juga punya kecepatan yang luar biasaJadi, team work yang harus jalan," bilang Rahmad(dik/ito/jpnn)

Perkiraan Pemain

Persipura (4-4-2): Jendry Pitoy (kiper); Paulin Bhio, Ricardo Salampessy, Victor Igbonefo, Gerald Pangkali; Eduard Ivakdalam, Imanuel Wanggai, Ortizans Solossa, Hendra Ridwan; Ian Louis Kabes, Boaz Solossa
Pelatih: Jackson F Tiago

Sriwijaya FC (4-4-2): Ferry Rotinsulu (kiper); Ambrizal, Precious, Tony Sucipto, M Nasuha; Zah Rahan, Ponaryo, Arif Suyono, Keith Kayamba; Anoure Obiora, Pavel Solomin
Pelatih: Rahmad Darmawan

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menjadi Produsen Pemain Bertalenta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler