Pertamina Kucurkan Hibah bagi Peneliti Berbasis Masyarakat

Kamis, 08 Mei 2014 – 16:13 WIB

jpnn.com - JAKARTA – PT Pertamina (Persero), melalui Pertamina Foundation menggelar Anugerah Riset Sobat Bumi yang menyasar riset berbasis pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Anugerah ini dimaksudkan mendorong tumbuhnya penelitian berbasis pemberdayaan masyarakat yang aplikatif serta memiliki manfaat besar bagi masyarakat.

Nursatyo Argo, Corporate Secretary Pertamina mengatakan, anugerah riset ini dikhususkan untuk peneliti yang tengah membuat disertasi S-3, penelitian mandiri serta penelitian berbasis pengabdian masyarakat.

BACA JUGA: Pupuk Bersubsidi Langka, Ini Penjelasan Dahlan Iskan

Penelitian terpilih berhak untuk menerima hibah  penelitian sebesar Rp 50-100 juta dan berhak untuk menjadi bagian dari Komunitas Periset Sobat Bumi.

“Penelitian yang ada diharapkan dapat memunculkan riset yang mendalam sehingga akan tercipta penelitian yang memiliki nilai manfaat yang besar bagi peningkatan  kesehjateraan masyarakat secara luas,” kata Argo di Jakarta, Kamis (8/5).

BACA JUGA: Akuisisi BTN Ditunda, Kepercayaan Investor Anjlok

Nina Nurlina Pramono, Direktur Eksekutif Pertamina Foundation menuturkan, reputasi dan kredibilitas yang disandang oleh Anugerah Riset Sobat Bumi menimbulkan animo dan respon yang luas dari para peneliti di tanah air.

”Jumlah proposal penelitian yang masuk di awal jauh melebihi perkiraan kami, bahkan sampai mencapai dua kali lipat. Respon luar biasa ini memperlihatkan kesadaran peneliti untuk berkontribusi terhadap peningkatan kesehjateraan masyarakat melalui penelitian berbasis pemberdayaan masyarakat,” sebutnya.

BACA JUGA: 2014, PT Pupuk Indonesia Targetkan Pendapatan Rp 56,32 miliar

Anugerah Riset Sobat Bumi mendapatkan respon positif terlihat dari sebanyak 1023 proposal yang masuk, dimana setelah melalui serangkaian penilaian administrasi, terdapat 617 proposal yang berhak untuk diikutsertakan pada proses selanjutnya.

Menurut Nina, jumlah sebanyak itu jauh melampaui target awal yaitu sebanyak 300 proposal. Dari 617 proposal yang masuk, komposisinya terdiri dari 79 disertasi, 378 pengabdian masyarakat dan 160 penelitian mandiri.

Dalam seleksi tahap I terpilih short listed 40 proposal yang lolos seleksi administrasi, dan jumlah proposal yang tersaring pada tahap II adalah sebanyak 30 proposal (tahap II). Sebanyak 12 proposal yang dipresentasikan di depan para juri pada tahap III berhak untuk menerima Anugerah Riset Sobat Bumi. (lum/indopos)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cadangan Devisa Tertinggi Setahun Terakhir


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler