Perusahaan AS Komitmen Beli Gas Tangguh

Rabu, 29 Oktober 2008 – 18:12 WIB
JAKARTA - Krisis ekonomi di AS tidak sampai memengaruhi rencana pembelian gas oleh konsumen di negara tersebutPerusahaan energi AS, Sempra, yang memiliki terminal liquified natural gas (LNG) di Costa Azul, Meksiko, tetap menyatakan komitmen untuk membeli gas Tangguh.

Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro, kepastian itu didapat setelah ada pertemuan dengan manajemen Sempra

BACA JUGA: Refund Astro Tunggu Pemegang Saham

Mereka datang ke Indonesia untuk meninjau proyek Tangguh
''Mereka masih committed, dan on time,'' ujarnya, Selasa (28/10).

Purnomo menilai komitmen Sempra itu jelas kabar positif

BACA JUGA: Sulit Hentikan Aksi Investor Jual Saham

Sebelumnya, ada kekhawatiran soal kejelasan pembelian gas Tangguh karena ancaman resesi di AS
''(Kabar) ini bagus,'' katanya

BACA JUGA: Takut Blunder, SBY Tunda Turunkan Harga BBM



Sempra merupakan pembeli terbesar gas TangguhDari total kapasitas produksi sebesar 7,5 juta ton per tahun (MTPA), volume pembelian Sempra mencapai 3,7 MTPAHarga yang ditawarkan sangat kompetitif sesuai harga pasar Southern California (Socal).

Sementara kontrak pembelian lain, seperti Fujian asal Tiongkok dan Posco/K-Power asal Korsel, menggunakan formula perhitungan berdasar harga minyak dengan batas atas (ceiling price)Ini dinilai merugikan Indonesia dan menuai protes.

Kontrak penjualan gas Tangguh ke Sempra juga disertai klausul diversionPemerintah Indonesia, melalui Beyond Petroleum (BP) selaku operator blok gas di wilayah Teluk Bintuni, Papua, tersebut, bisa mengalihkan penjualan 50 persen gas yang menjadi jatah Sempra ke pasar di Asia.(owi/dwi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 10 Langkah Pemerintah Amankan Rupiah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler