Perusahaan BUMN Beri Tunjangan Untuk Atlet Berprestasi

Senin, 30 September 2013 – 15:30 WIB
Penandatanganan MOU antara Perusahaan BUMN dengan KONI Pusat. Foto: Yessy/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan bantuan tunjangan prestasi kepada ratusan atlet Indonesia. Bantuan ini diberikan sebagai keseriusan perusahaan pelat merah untuk ikut memajukan dunia olahraga nasional dan meningkatkan prestasi para atlet.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Tono Suratman memaparkan bahwa ada sebanyak 217 atlet yang mendapatkan bantuan tunjangan prestasi dari BUMN.

BACA JUGA: Lorenzo: Peluang Juara Dunia Kini Lebih Sulit

"Ada 217 atlet berprestasi yang dapat bantuan. Kalau dari BUMN ada 51 yang memberikan bantuan," ujar Tono di sela-sela penandatanganan perjanjian kerjasama antara KONI Pusat dengan BUMN di Kementerian BUMN, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (30/9).

Masing-masing atlet akan mendapatkan bantuan uang prestasi sebesar Rp 7,5 juta per bulan selama ajang Sea Games 2013 serta Olympic Games 2016. Dana ini, kata Tono langsung akan diberikan ke masing-masing atlet.

BACA JUGA: Sergio Sebut Timnas Rugi

"Dananya enggak ke mana-mana, tapi langsung ke atlet itu sendiri dan rencana ini bagus sekali. Saya berharap bantuan ini bisa berjalan sampai tahun 2016," harapnya.

Di tempat yang sama Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Tunas Dwidharto merasa senang dengan adanya bantuan ini. Sebab kata dia, tak dapat dipungkiri bahwa para atlet masih membutuhkan banyak bantuan dana.

BACA JUGA: Marquez Janji Lebih Hati-Hati

"Karena terus terang dana APBN yang kita dapat sangat terbatas. Makanya kalau enggak dibantu dana dari BUMN atau swasta kita enggak akan jalan," bebernya.

Bantuan tunjangan dana prestasi dari BUMN ini dikatakan Tunas juga berbeda sistemnya dengan bantuan yang sebelumnya pernah diberikan.

"Dulu saat zamannya Pak Mustafa Abu Bakar (mantan Menteri BUMN, red) memang sudah ada (bantuan dana untuk atlet,red) tapi langsung dikelola oleh pengurus masing-masing. Kalau sekarang langsung ke atlet masing-masing dananya. Oleh karena itu bantuan-bantuan ini akan membawa dampak positif bagi dunia olahraga di Indonesia," pungkas Tulus.

Ke 51 BUMN yang terlibat mendanai ratusan para atlet seperti BNI, Bank Mandiri, BRI, BTN, PT Pegadaian, Pertamina, Garuda, KAI, PT AP I, AP II, Perhutani, Pupuk Indonesia, Pelindo II, Telkom, Antam, Taspen, Semen Indonesia, PT Timah, Jasamarga, Jamkrindo, Jamsostek, Perum Peruri dan sebagainya.

Selain bantuan tunjangan prestasi, BUMN juga memberikan bantuan berupa pembinaan kepada olahragawan, bantuan pendidikan atau pelatihan, peningkatan kesehatan dan pelatih. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Made Wirawan: Main Tanpa Penonton, Ibarat Sayur Tanpa Garam


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler