Perusahaan Ini Ekspor Kayu Lapis ke Inggris, Nilainya Wow

Rabu, 17 November 2021 – 21:56 WIB
Bea Cukai Sumatera Utara, Parjiya, bersama Direktur PT Mujur Timber, Yansen melepas ekspor kayu lapis ke Inggris. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, SIBOLGA - PT Mujur Timber yang bergerak di bidang pengelolaan kayu lapis (Plywood) kembali melakukan ekpor sebanyak 1.972 peti setelah menerima fasilitas Kawasan Berikat (KB) pada 2019 lalu.

Pelepasan ekspor itu dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Utara, Parjiya, bersama Direktur PT Mujur Timber, Yansen dan didampingi Kepala Kantor Bea Cukai Sibolga Ahmad Luthfi di Pelabuhan Tuks Kawasan Berikat.

BACA JUGA: Anak Durhaka, Kepala Ibu Kandung Dikepruk Pakai Kayu

“Volume ekspor mencapai 5.274.6321 kubik dengan nilai devisa ekspor yang diperoleh sebesar USD 3,4 juta atau setara Rp49.691.546.476,” ungkap Parjiya.

Dia menambahkan, komoditas ekspor berupa kayu lapis (plywood) itu diangkut menggunakan kapal MV. Tunsin V. 21001 menuju Tilbury, Inggris dengan terlebih dahulu singgah di Penang, Malaysia.

BACA JUGA: Bea Cukai Pantoloan Lepas Ekspor Kelapa dan Kayu Olahan ke Sejumlah Negara

Parjiya menjelaskan, tujuan atas pemberian fasilitas kawasan berikat itu untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dengan pemberian fasilitas berupa insentif fiskal melalui kemudahan di bidang kepabeanan, cukai, dan perpajakan.

Kemudahan tersebut diberikan untuk pemenuhan persediaan bahan baku bagi kebutuhan industri dalam negeri tersedia tepat waktu, efisiensi proses produksi, peningkatan kualitas barang, dan menciptakan harga jual produk hasil produksi kompetitif secara global.

BACA JUGA: Bea Cukai Gandeng Instansi Lain untuk Genjot Pelaku Usaha Ekspor

Barang yang masuk ke kawasan berikat diberikan penangguhan bea masuk, pembebasan cukai dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor (PDRI).

Dia berharap semakin banyak perusahaan yang berani mengembangkan produksinya dan memanfaatkan peluang yang diberikan pemerintah melalui berbagai kemudahan baik secara fiskal maupun regulasinya.

"Salah satunya itu seperti fasilitas kawasan berikat ini, sehingga produk dalam negeri dapat bersaing secara global,” harap Parjiya.

Sebagai instansi yang menjalankan fungsi industri dan fasilitator perdagangan, kata Parjiya, Bea Cukai sangat mendukung upaya pengembangan usaha yang dilakukan oleh PT Mujur Timber.

Kegiatan ekspor oleh PT Mujur Timber itu tentu memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan perekonomian baik skala nasional maupun internasional.

Selain membantu masyarakat menjadi tenaga kerja, perusahaan juga menambah nilai devisa ekspor Indonesia yang secara langsung ikut memulihkan ekonomi. (mrk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bea Cukai Bekasi Musnahkan 6,6 Juta Batang Rokok Sigaret Ilegal


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler