Peserta Rapimnas PPDI di Asrama Haji Donohudan Sudah Berdatangan Sejak Pagi Hari

Jumat, 27 September 2024 – 12:07 WIB
Rapimnas Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI 2024) akan digelar di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat-Minggu (27-28/9/2024). Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Rapimnas Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI 2024) akan digelar di Asrama Haji Donohudan, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat-Minggu (27-28/9/2024).

Peserta dari berbagai daerah ternyata sejak semalam sudah datang membanjiri asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Nama PP PPDI Dicatut dalam Deklarasi Desa Bersatu di Istora Senayan

Mereka berdatangan silih berganti, sesuai rute pesawat yang membawa mereka. Mereka yang datang semalam terdiri dari daerah Papua, Palembang, Riau, Jambi, dan beberapa daerah di luar pulau Jawa.

Dalam Rapimnas yang akan berlangsung selama dua hari itu akan dihadiri oleh 700 peserta rapat yang terdiri dari seluruh propinsi di Indonesia.

BACA JUGA: 15 Ketua DPD PPDI Sepakat Dukung Gibran Rakabuming Raka Maju Cawapres

Serta akan dimeriahkan 500 anggota PPDI Boyolali yang akan menjadi peserta penggembira dalam rangkaian acara Rapimnas itu.

PPDI adalah salah satu organisasi profesi yang anggotanya paling banyak se Indonesia.

BACA JUGA: PPDI Jateng Peringati Harlah Ke-17, Gelar Pelantikan Pengurus Masa Bhakti 2023-2028

Dengan lebih dari 3 juta anggota PPDI yang tersebar di seluruh Indonesia, PPDI hadir sebagai sebuah organisasinya yang sering dimanfaatkan dan dipakai sebagai alat politik, baik yang sifatnya instan maupun permanen, meskipun dalam penyampaian aspirasinya PPDI di kancah politik maupun pemerintahan nasional sering disepelekan bahkan tidak digubris samasekali.

Seperti yang diungkapkan oleh Heri Purnomo, ketua panitia Rapimnas PPDI 2024, Heri menyampaikan bahwa agenda besar dalam rapimnas tahun ini adalah penguatan organisasi yang independen, serta menindaklanjuti tentang undang undang desa termasuk di dalamnya kesejahteraan daripada perangkat desa di masing masing daerah.

"Dalam Rapimnas ini disamping untuk menyamakan pendapat terhadap perjuangan pengawalan perubahan Peraturan Pemerintah pasca disahkannya Perubahan Kedua UndangUndang Nomor 6 Tahun 2014 menjadi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 Tentang Desa," kata Heri.

"Dan Rapimnas ini juga sebagai ajang mengevaluasi program kerja serta kegiatan organisasi yang didasarkan pada ketentuan Anggaran Rumah Tangga (ART) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) BAB XII Pasal 29 Ayat (1) huruf e," ujar Heri.

"Serta tidak menutup kemungkinan perubahan di struktur organisasi termasuk didalamnya perubahan ketua Dewan Pembina PPDI," kata Heri.
Heri Purnomo juga menyampaikan bahwa acara Rapimnas ini bisa diselenggarakan atas inisiatif dari anggota dan pengurus PPDI.

"Murni acara ini atas inisiatif anggota. Tidak ada unsur politik didalamnya termasuk kepentingan Pilkada maupun Pilgub," katanya.

"Hanya saja, acara ini bisa terselenggara atas sponsor dari Ketua Relawan Prabowo Gibran (RG) Fatchurrohman Nugroho, dan dialah yang perduli selama ini dengan kepentingan dan nasib perangkat desa yang seperti dianaktirikan, tetapi dimanfaatkan untuk kepentingan politik," kata Heri.

Acara Rapimnas yang akan berlangsung di Asrama Haji Donohudan ini ada kemungkinan tidak akan menghadirkan tokoh tokoh politik.

"Kami takut hanya akan dimanfaatkan, karena itu kami tidak mengundang mereka," lanjut Heri dalam kata penutupnya.

Sementara itu di tempat terpisah Fathurahman Nugroho ketika dihubungi redaksi menyampaikan bahwa PPDI adalah mitra strategis RPG untuk mendukung pemerintahan Prabowo Gibran untuk lima tahun ke depan.

"Maka dalam Rapimnas ini kami tergerak untuk membantu sedikit demi pelaksanaan acara itu," ujar Fatur.(ray/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler