PGN Ekspansi ke Segmen Hotel dan Restoran

Kamis, 15 Agustus 2019 – 01:30 WIB
Ilustrasi Kafe. Foto: AFP

jpnn.com, SURABAYA - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) terkait kerja sama pemanfaatan gas bumi dan penyediaan information and communication technology (ICT).

Direktur Strategi Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Mukhtar mengatakan, sesuai MOU dalam jangka waktu setahun ke depan akan dijalankan aktivitas agar pemanfaatan gas bumi bagi para anggota PHRI dapat terwujud.

BACA JUGA: 4 Faktor yang Memengaruhi Industri Ritel

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi, pihaknya memiliki komitmen untuk terus meningkatkan pemanfaatan energi gas bumi di dalam negeri.

BACA JUGA: PGN Agresif Bangun Jargas untuk Rumah Tangga

BACA JUGA: Bisnis Perhotelan Terguncang

"Kami berharap kerja sama PGN dengan PHRI dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi kedua belah pihak," terangnya pekan lalu.

Menurut Syahrial, ruang lingkup kerja sama sinergi pengembangan bisnis dengan PHRI ini meliputi penyediaan dan pemanfaatan gas bumi dan information and communication technology (ICT) untuk hotel dan restoran.

BACA JUGA: PHRI: Guest House Bikin Okupansi Hotel Menurun

Selain itu, ada bentuk kerja sama potensial lainnya yang dapat dilakukan oleh seluruh pihak untuk pengembangan dan pertumbuhan sektor-sektor penting industri pariwisata di Indonesia.

Syahrial menambahkan, PGN sesungguhnya telah memasok kebutuhan gas bumi di sejumlah hotel dan restoran di berbagai wilayah.

Namun, kerja sama dengan PHRI baru sekarang dilaksanakan. PGN berharap semakin banyak hotel dan restoran yang dapat memanfaatkan energi baik gas bumi yang terbukti lebih aman, efisien, dan ramah lingkungan bagi masyarakat.

"Sebagai subholding gas, PGN akan terus mengambil inisiatif untuk memperluas pemanfaatan gas melalui pembangunan infrastruktur di berbagai segmen pasar termasuk komersial," imbuhnya.

Hingga periode Juni 2019, sebanyak lebih kurang 370 hotel dan restoran yang telah dilayani energi baik gas bumi PGN di beberapa lokasi.

Antara lain, di Jabodetabek, Cirebon, Medan Palembang, Lampung, Surabaya, Sidoarjo dan Batam.

Sementara itu, Ketua Umum PHRI Hariyadi BS Sukamdani berharap, kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi setiap hotel dan restoran di Indonesia.

Melalui pemanfaatan gas bumi, selain lebih efisien, para pelaku usaha juga dapat membantu pemerintah mengurangi ketergantungan pada energi impor.

"Banyak hal yang bisa dikerjasamakan dengan PGN untuk layanan selain gas bumi termasuk ICT dan produk layanan lainnya. Energi menjadi concern bersama anggota PHRI," kata Hariyadi. (sb/cin/nur/jay/radarsurabaya)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 2 Pelaku Gagal Bobol Restoran


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PGN   PHRI   hotel   restoran  

Terpopuler