Piala Dunia Antarklub 2016: Madrid Tiba Membawa Lelah, Benar-benar Lelah

Selasa, 13 Desember 2016 – 11:44 WIB
Skuat Real Madrid melakoni pemanasa jepang latihan di Mitsuzawa Football Stadium, Yokohama. Foto: AFP

jpnn.com - YOKOHAMA - Juara Liga Champions (UEFA) musim lalu, Real Madrid mendarat paling akhir di Jepang, Selasa (12/12) kemarin. Raksasa La Liga itu bakal mengarungi Piala Dunia Antarklub 2016.

El Real menjejakkan kakinya di Yokohama, pagi hari. Petangnya mereka pun langsung latihan. Bukan hanya membawa kabar gembira bagi Madridistas Yokohama. Real di hari pertamanya ini juga datang dengan membawa kelelahan.

BACA JUGA: Persija Incar Poin Terakhir di Laga Pamungkas

"Lelah, benar-benar lelah,’’ ucap pelatih Real Zinedine Zidane sebelum mulai sesi latihan di Mitsuzawa Football Stadium, Yokohama.

Bukan hanya lelah karena perjalanan. Sebab, sebelum menjalani sesi latihan kemarin Sergio Ramos dkk baru mendarat di Narita International Airport, Tokyo, pagi-pagi buta sekitar pukul 5.30 waktu setempat. Mereka menjalani penerbangan 14 jam lebih lamanya.

BACA JUGA: Alfredo Minta Anak Asuhnya Tetap Fokus Hadapi PSM

Menurut Zidane, itu membuat kelelahan anak asuhnya semakin terkompilasi. ’’Apalagi sebelum kami berangkat ke sini (Jepang), kami sepertinya menjalani tiga pertandingan dalam kurun waktu sembilan hari,’’ sebut pelatih yang punya memori manis dengan dua kali juara Piala Toyota (nama sebelum turnamen diganti dengan Piala Dunia Antarklub) bersama Juventus dan Real Madrid itu.

Hanya, Zizou – sapaan akrabnya – tetap ingin pemainnya tampil total dalam Piala Dunia Antarklub kali ini. Terutama pada pertandingan semifinal lawan Club America di Nissan Stadium, Yokohama, Kamis (15/12) petang. Solusinya, lanjut Zidane, bukan hanya dengan latihan conditioning.

BACA JUGA: Awas! Thailand Datang Bukan Untuk Main Aman

Zidane mengaku timnya sudah membawa ahli spesalis untuk dapat mengatasi kelelahan yang dialami anak asuhnya ini. Tetapi, Zidane tidak menyebut siapa ahli yang dia maksud itu. ’’Yang terpenting, besok kami harus sudah berada dalam kondisi 100 persen untuk semifinal,’’ lanjutnya.

Dalam sesi latihan yang hanya terbuka bagi media selama 15 menit kemarin, dari 23 pemain terbagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama terdiri dari para pemain utama Real seperti Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, dan Marcelo. Lalu, kelompok kedua diisi pemain pelapis. Termasuk pemain muda Mariano.

Sedangkan sisanya itu kelompok yang terdiri dari tiga penjaga gawang Real, Keylor Navas, Kiko Casilla, dan Ruben Yanez. 

Terpisah, Marcelo menyebut tidak akan ada efeknya kelelahan dengan hasil akhir di semifinal nanti. Apalagi dia juga tahu bahwa lawan-lawannya sudah lebih dari 1 x 24 jam berada di Jepang. 

Atletico Nacional de Medellin misalnya. Klub Kolombia yang menyerahkan mahkota juara Copa Sudamericana-nya tahun ini kepada Chapecoense itu landing di Tokyo sejak Sabtu siang waktu setempat. Bedanya, mereka tidak ke Yokohama, Melainkan langsung menuju Osaka, venue semifinal pertama.

Begitu juga dengan Club America. Oribe Peralta dkk baru pindah dari Osaka menuju ke Yokohama, Senin sore. Rencananya, mereka baru bakal menjalani sesi latihan pertamanya di Yokohama di Mitsuzawa Football Stadium, Yokohama, pada siang ini WIB. (ren/jpnn)

Jadwal Piala Dunia Antarklub 2016
Semifinal (14 dan 15 Desember)
Atletico Nacional (Kolombia) vs Kashima Antlers (Jepang) 
America (Meksiko) vs Real Madrid (Spanyol)

Hasil sebelumnya:
Real Madrid dan Atletico Nacional langsung ke semifinal

Perempat final
Kashima Antlers vs Mamelodi Sundowns (Afrika Selatan) 2-0

Jeonbuk Hyundai Motors (Korsel) vs America 1-2

Play off 
Kashima Antlers vs Auckland City (Selandia Baru) 2-1

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ssttt...Kiatisuk Sudah Kantongi 4 Nama Pemain Indonesia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler