Pidato Politik Mega; Diakhiri Tangis, Dituangi Air oleh Jokowi

Kamis, 09 April 2015 – 12:35 WIB
Megawati Soekarnoputri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - SANUR - Pidato politik Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri cukup sukses membuat peserta Kongres IV PDI Perjuangan di ruang utama Inna Grand Bali Beach, Sanur, Kamis (9/4), terkesima.

Dalam pidato berdurasi sekitar 30 menit tersebut, setiap kata atau kalimat Megawati yang menyentil pemerintahan, atau membangkitkan loyalitas internal partai, selalu disambut spontanitas tepuk tangan, bahkan sambutan pekik Hidup Mega.

BACA JUGA: Mahfud MD dan Akbar Tanjung Jenguk Anas di KPK, Ada Apa?

Pidato politik Mega sendiri memang lebih terkesan menyentil atau menyindir pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla.

Dari soal mengingatkan Jokowi-JK terhadap 'penumpang gelap' dalam kontrak kerjasama sumber daya alam, hingga menyentil Jokowi agar menyadari asal usulnya.

BACA JUGA: Dipukul Anggotanya, Ini yang Dilakukan Pimpinan Komisi VII DPR

"Kami ingatkan, kesadaran awal kami memberi mandat (mengusung Jokowi) adalah dengan sikap politik yang tegas. Konsespi Tri Sakti harus dijalankan. Indonesia harus berdiri di kakinya sendiri. Apakah itu berarti PDI Perjuangan anti-asing? Oh No. Tentu tidak," kata Mega disambut aplaus.

Selain tepuk tangan, suara-suara dari bangku peserta juga terdengar cukup menyengat, saat Mega kembali menyindir pihak-pihak yang hanya ingin mengeruk keuntungan dari kekuasaan. "Jangan jadi penghianaaat..." teriak salah seorang peserta.

BACA JUGA: Ini Pesan Megawati untuk Jokowi soal Trisakti

Di akhir pidatonya, Mega juga terbawa rasa haru yang tampak sudah dia pendam sejak berdiri di mimbar. "Semoga Allah SWT selalu menemani dan menjaga gerak langkah perjuangan kita bersama," di situ Mega tampak sedih dan terbata-bata.

"Akhirnya dengan penuh rasa syukur dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Kongres IV PDI Perjuangan dengan resmi saya nyatakan dibuka," tutup Mega disambut standing ovation.

Kisah menarik belum berhenti di tangis Mega. Usai menuruni mimbar, menjejaki anak tangga panggung, Mega disambut aplaus dan hormat dari peserta. Setelah duduk sejenak, pemandangan indah terbentang saat kader PDI Perjuangan Joko Widodo menuangkan air ke dalam gelas Megawati, dan tampak mempersilakan pimpinannya di partai itu melepas penat dan dahaga. (adk/ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Megawati Ingatkan Jokowi soal Penumpang Gelap Pengobral SDA


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler