Pilgub Jambi Diprediksi Dua Putaran

Kekuatan Para Kandidat Merata

Rabu, 24 Maret 2010 – 02:10 WIB
JAMBI - Pilgub Jambi 19 Juni mendatang, diprediksi akan terjadi dua putaranPasalnya, semua kandidat yang ikut bertarung yakni, HBA-Fachrori, MM-Hich, ZA-Ami dan Safrial-ASN sama-sama memiliki basis massa riil.

Menurut pengamat politik Jambi, Navarin Karim,  Cagub Hasan Basri Agus (HBA) sebelumnya diunggulkan bisa menang dalam pilgub kali ini, namun keputusan HBA menggandeng Fachrori Umar dinilai kontroversial

BACA JUGA: DPS Batam Berkurang dari Pilpres

Pasalnya, dilain pihak, para pesanginya menggandeng figur yang cukup popular dan punya basis masa rill.

"Bupati Tebo Madjid Mu’az menggandeng bupati Tanjabtim Abdullah Hich, Bupati Bungo Zulfikar Achmad (ZA) menggandeng satu-satunya kader Kerinci yang maju, yakni Ami Taher
Sementara itu, HBA menggandeng Fachrori yang belum begitu popular," ungkap Dosen Stipol NH ini.

Dengan kepastian para pasangan kandidat dan partai pengusung, sebut Navarin, peta politik menjadi berubah, ke empat kandidat yang merupakan seorang bupati akan memiliki peluang yang hamper sama untuk menang

BACA JUGA: Ikut Pilkada Kepri, Mantan Terpidana Minta Belas Kasihan KPU

"Mereka sama-sama punya basis masa," jelasnya.

Pasangan HBA-Fachrori diprediksi akan unggul di Sarolangun dan sebagian Bungo yang merupakan daerah asal mereka
Namun demikian, kekuatan partai pengusung juga akan membantu signifikan jika mereka dapat maksimal menggerakkan mesin politik partai

BACA JUGA: Butuh Rp 13,7 M, Diberi Rp 1,5 M

Partai pengusung HBA meruapakan partai partai besar, yakni Demokrat, Golkar, PKSSelain itu ada beberapa aprtai kecil seperti PBR, Patriot dan PPD.

"Jika mesin partai ini berjalan, HBA-Fachrori dapat meraup suara di daerah yang bupatinya dari partai pengusung," ungkapnya.

Di lain pihak, pasangan MM-Hich akan sangat kuat di Tebo dan Tanjabtim"Kelebihan pasangan ini, mereka didukung oleh PAN yang punya basis masa kuat di Kota Jambi, Tanjabtim, Muarojambi dan Merangin," jelas Navarin"Kedua figur juga sama-sama populer, mereka sudah berkuasa 10 tahun di daerahnya masing-masing," tambahnya.

Keputusan ZA menggandeng Ami juga menjadi keputusan yang cukup baik, bupati Bungo itu dapat memaksimalkan dukungan dari Kerinci dan Bungo"Jumlah pemilih dua daerah ini cukup besar," jelasnya.

Pasangan lainnya, Safrial-ASN juga diprediksi akan cukup kuat dengan meraih suara maksimal di Tanjabar"Safrial kan Bupati, tentu suara di Tanjabar akan maksimal, selain itu, ASN juga menjadi satu-satunya kandidat yang berlatarbelakang suku Jawa," tukasnya.

Pengamat lainnya, Tabrani M Soleh yang merupakan dosen FH Unja juga mengatakan hal yang sama"Melihat peta saat ini, peluang pilgub dua putaran sangat besar," jelasnya.

Dari deklarasi yang dilakukan para kandidat, peta kekuatan mulai terlihat"Deklarasi MM-Hich sangat berpengaruh terhadap peta politik, dengan di usung PAN, kandidat ini bisa sangat kuat," jelasnya.

Pasangan HBA-Fachrori dan ZA-Ami juga punya basis masa yang rill, sehingga ketiga kandidat ini akan bersaing"Safrial dapat bersaing jika dia bisa mengoptimalkan perolahan suara di Tanjabar dan merangkul masyarakat Jawa," tutupnya(wne)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Incumbent Dituding Habiskan APBD


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler