Pimpinan DPR: Jangan Terjadi Pelarangan Buku

Kontroversi Buku Membongkar Gurita Cikeas

Senin, 28 Desember 2009 – 17:24 WIB
JAKARTA- Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menyarankan jangan sampai terjadi pelarangan terhadap peredaran buku karena tindakan itu hanya akan menimbulkan kegaduhan baru

"Saya berpandangan pada sistem politik akhir-akhir ini

BACA JUGA: KPU Enggan Penuhi Permintaan Bawaslu

Pelarangan buku justru akan menimbulkan kegaduhan baru
Karena itu saya berharap setiap pihak dapat menahan diri termasuk Presiden SBY

BACA JUGA: KPK Periksa Pegawai BI

Biarkan ini menjadi warna-warni demokrasi kita," saran Priyo, di DPR Senayan Jakarta, Senin (28/12), menyikapi beredarnya buku "Membongkar Gurita Cikeas: di Balik Skandal Bank Century" karya George Junus Aditjondro.

Priyo mengingatkan, George dikenal sebagai penulis buku dengan judul sensasional
"Saat Soeharto berkuasa, George juga menyerang Soeharto dengan bukunya yang berjudul 'Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari'

BACA JUGA: Idrus: Tak Ada yang Istimewa

Kali ini George melakukan hal yang sama terhadap keluarga Cikeas."

Hanya saja Priyo menganggap aneh buku tersebut bisa beredar"Apa masih patut ada buku seperti itu? Ini pertanyaan besar dan mengujiLalu, apakah isi buku ini akan terbukti seperti halnya buku di zaman Soeharto dulu yang benar mengungkap korupsi yang terjadi? Biarlah waktu yang akan menguji," katanya.

Pengalaman pahit serupa juga pernah dialami oleh suami mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, Taufiq Kiemas"Dulu ketika Megawati menjabat Presiden RI, George juga membuat buku yang samaDulu, dia sebut saya RI Satu Setengah," kata Ketua MPR RI itu.

Sama halnya dengan Priyo Budi Santoso, Taufiq Kiemas juga menilai George Junus Aditjondro memang dikenal sebagai penulis buku dengan judul sensasional"Sayangnya semua itu tidak terbukti," kata Taufiq Kiemas.

Ditanya, apakah perlu melarang buku tersebut? Taufiq menyerahkan hal tersebut sepenuhnya kepada pemerintah"Soal melarang atau tidak kita serahkan kepada pemerintah dan pihak-pihak yang merasa dirugikan atas buku tersebut," sarannya.(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketua DPD: Itu Buku Murahan dan Fitnah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler