Produsen cokelat Toblerone akan menghapus gambar gunung Matterhorn di Swiss yang terkenal dan bendera Swiss dari kemasannya.

Alasan yang diberikan produsen Toblerone, Mondelez International of Deerfield, adalah karena produksi produk cokelatnya akan dipindahkan ke Slovakia.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Warga Desa Myanmar Tewas di Tangan Tentara

Senin (06/03) kemarin, mereka mengatakan sedang dalam proses mengadaptasi kemasan produk Toblerone agar tetap sesuai dengan aturan ketat di Swiss.

Ada sebuah undang-undang yang mewajibkan produsen makanan dan barang-barang di Swiss untuk memenuhi syarat "sangat Swiss",  yang dianggap sebagai sebuah standar kualitas oleh sebagian pihak.

BACA JUGA: Putusan PN Jakarta Pusat soal Pemilu 2024 Tak Layak Dieksekusi

"Desain ulang kemasannya memperkenalkan logo gunung yang dimodernisasi dan disederhanakan, tapi masih konsisten dengan estetika geometris dan segitiga," kata Livia Kolmitz, juru bicara dari Mondelez.

Bulan Juni lalu, mereka mengatakan alasan pemindahan produksi ke Bratislava, ibu kota Slovakia, karena upah dan biaya hidup jauh lebih rendah ketimbang di Swiss yang mahal.

BACA JUGA: Komplikasi Jantung Setelah COVID-19 Semakin Banyak, Pakar Sarankan Pemeriksaan Kesehatan Berkala

Perubahan kemasan akan memengaruhi produk cokelat untuk ukuran 35 dan 50 gram, yang akan diproduksi di Slovakia.

Sementara untuk cokelat berukuran 100 gram masih akan diproduksi di Bern, ibu kota Swiss.

Undang-undang tentang produk yang "sangat Swiss" diadopsi pada tahun 2017 dengan tujuan melindungi stempel buatan Swiss.

Dalam hal makanan, dua kriteria harus dipenuhi: Setidaknya empat per lima dari kandungan dalam produk berasal dari Swiss, selain juga pemrosesan yang membuat "karakteristik esensial" pada produk harus dilakukan di Swiss.

Cokelat Toblerone, yang terbuat dari madu dan 'nougat' almond, memiliki keunikan tersendiri karena bentuk "puncak" segitiganya yang menggambarkan pegunungan, serasi dengan kemasannya yang berbentuk segitiga,

Cokelat ini sudah dijual di banyak negara dan juga di toko-toko 'duty-free'.

Toblerone sebenarnya sudah diproduksi di negara lain, terutama di akhir abad lalu.

Cokelat ini dibuat 115 tahun yang lalu oleh pembuat penanganan manis asal Swiss, yakni Theodor Tobler, dengan nama merek perpaduan dari nama keluarga dan kata dalam bahasa Italia, "torrone", yang artinya 'nougat'.

Perubahan Toblerone di masa lalu sudah dirasakan dampaknya oleh perusahaan Mondelez.

Misalnya, para penggemarnya di Inggris murka ketika celah antara puncak cokelat diperlebar dan bobot gram-nya dikurangi tapi tetap dijual dengan harga yang tetap sama, atau dikenal saat itu dengan istilah "shrinkflation" atau penyusutan akibat inflasi.

Artikel ini diproduksi oleh Erwin Renaldi dari laporan ABC news

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aktor Russel Crowe Akan Membangun Aussiewood, Komplek Studio Film di Australia

Berita Terkait