PKS Ogah Tarik Menteri

Kamis, 04 Maret 2010 – 17:01 WIB
JAKARTA– Sekjen Partai Keadilan Sejahetra (PKS), Anis Matta mengatakan tidak akan mundur dari koalisiSelain itu, PKS juga tak bersedia menarik menterinya di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB)

BACA JUGA: Penonaktifan Ismeth Tunggu Status Terdakwa

Anis Matta berdalih, pandangan Fraksi PKS yang berseberangan Fraksi Demokrat soal skandal Bank Century tidak ada relevansinya dengan kesetiaan dan ketidaksetiaan terhadap koalisi.

"Tak ada relevansinya
Semua sikap kami sudah dikomunikasikan dengan SBY sebelum pengambilan sikap," kata Anis di sela-sela rapat paripurna di Gedung Nusantara II DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (4/3).

Menurut Anis Matta perbedaan sikap partai koalisi dalam kasus Century tidak akan menggangu rasa kebersamaan dalam koalisi hanya karena terdapat perbedaan pendapat dalam memahami data dan fakta-fakta hukum yang ada

BACA JUGA: Razia Ilegal, Dishub Bekasi Bakal Ditegur

"Ini kan data dan fakta hukum yang ada
Sebab ini masalah hukum yang murni karena itu sama sekali tidak ada relevansinya kesetian dengan ketidaksetiaan koalisi," ujarnya.

Perbedaan pendapat seperti itu kata Anis yang juga wakil ketua DPR, akan selalu ada karena koalisi yang dibangun sangat besar dengan 70 persen anggota dewan di DPR

BACA JUGA: PPP Tak Gentar Ancaman Reshuffle

Apalagi kata dia kasus dan masalah selalu ada sehingga dipastikan perbedaan pandangan selalu terjadi.

Anis mencontohkan soal sikap partai koalisi terhadap Perppu Nomor 4 Tahun 2009 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)Lanjut Anis, PAN juga menolak sehingga kalau dibuatkan skor hasilnya menjadi 7:2 dari sembilan fraksi yang ada di DPR.

”Tidak berbanding lurus dengan koalisiContohnya lihat penolakan Perpu ini, kalau selalu ditafsirkan begituSekarang juga PAN menolak jadi itu tidak relevan dengan kekompakan koalisi,” pungkasnya.

Sebelumnya,  anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Hayono Isman menuntut agar para partai koalisi bersikap kesatria dengan mundur dari koalisi dan menarik menterinya karena berseberangan dengan pandangan Fraksi Partai Demokrat soal skandal CenturyHanya FPAN dan FPKB yang patuh pada kaolisi, sementara F-Golkar, F-PKS dan F-PPP memilih Opsi C yang secara garis besar menyatakan penggelontoran dana Bank Century senilai Rp.6,7 triliun bersalah.(awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sekjen DPR Bantah Biaya Paripurna Rp 5 Miliar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler