PKS Usung Kader Sendiri Jadi Cagub Jakarta, Paloh: Bisa Saja Terjadi Perubahan

Senin, 24 Juni 2024 – 17:45 WIB
Surya Paloh. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut PKS bisa saja mengubah dukungan pada Pilkada Jakarta 2024 meskipun parpol berkelir putih dan oranye itu mengusulkan Mohammad Sohibul Iman sebagai cagub.

Dia berkata demikian merespons awak media soal langkah PKS yang mengusulkan Mohammad Sohibul Iman sebagai Cagub Jakarta 2024.

BACA JUGA: PKS Usung Sohibul Iman Sebagai Bacagub DKI, Pengamat: Siapa yang Kenal?

"Ya, sudah, kan, bisa saja terjadi perubahan-perubahan. Hari ini barangkali Pak Sohibul, besok yang lain," kata Paloh di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/6).

Pemilik Media Group itu mengaku sampai saat ini NasDem belum memastikan tokoh yang diusung pada Pilgub Jakarta 2024.

BACA JUGA: Bukan Anies, Ini Calon Gubernur yang Diusung PKS di Pilgub Jakarta

Paloh kemudian menerima pertanyaan awak soal kemungkinan NasDem menyodorkan bendahara umum mereka Ahmad Sahroni pada Pilkada Jakarta 2024.

"Coba kalian cek dahulu, Sahroni siap apa enggak. Siap itu lahir batin dan siap lapangan juga," ungkapnya.

BACA JUGA: Analisis soal Duet Anies - Ahok atau dengan Kaesang, Ada Kata Dendam

PKS sebelumnya mengajukan nama wakil ketua majelis syuro parpol tersebut Mohammad Sohibul Iman sebagai Cagub Jakarta 2024.

Juru bicara PKS Ahmad Mabruri menyebut parpolnya menjadi pemenang pada pemilu 2024 di Jakarta, sehingga ingin memperjuangkan kader internal berkontestasi untuk pilkada provinsi yang sama.

"Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS," ujar Mabruri dalam keterangannya, Minggu (23/6).

Toh, kata Mabruri, Sohibul menjadi figur yang memiliki integritas, kapasitas, serta berpengalaman memimpin organisasi.

Dia kemudian menyebut Sohibul pernah memimpin PKS pada periode 2015-2020 dan suara partai meningkat di bawah kepemimpinan pria kelahiran Jawa Barat itu.

Catatan PKS menyebut suara partai meningkat dari 8,46 juta suara (6,77%) di 2014 menjadi 11,49 juta suara (8,21%) di 2019, atau meningkat dari 40 kursi di 2014 menjadi 50 kursi di 2019.

Mabruri menganggap wajar Sohibul diusulkan menjadi cagub di Pilgub Jakarta 2024 dengan segala aspek positif tersebut.

“Artinya beliau memiliki kepemimpinan yang teruji dalam membawa PKS naik kelas. Beliau juga memiliki jejak yang panjang di dunia politik," ungkapnya. (ast/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler