PLN Resmikan Storage CNG Plant Muara Tawar di Bekasi

Senin, 17 Maret 2014 – 22:36 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Utama PT PLN Nur Pamudji, Senin (17/3) hari ini meresmikan Storage Compressed Natural Gas (CNG) Plant di Muara Tawar, Bekasi, Jawa Barat.

CNG plant ini digunakan sebagai substitusi penggunaan BBM pada Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Muara Tawar, saat mengalami beban puncak.

BACA JUGA: SP Pelindo II Minta BUMN Kaji Ulang Pengangkatan RJ Lino

"Nanti secara bertahap kapasitas kompresinya ini akan ditingkatkan menjadi 20 MMSCF. Storage CNG plant yang memanfaatkan kelebihan pasokan gas di luar waktu beban puncak," tutur Nur dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/3).

Pembangunan CNG ini diperkirakan dapat menghemat BBM hingga Rp. 1,786 triliun per tahun. Nantinya, PLTG Muara Tawar akan mendapat pasokan gas dari PGN dan Pertamina EP rata-rata sebesar 180 BBTUD.

BACA JUGA: Telkom Lebarkan Sayap Ke AS dan Timur Tengah

Dikatakan Nur, kebutuhan saat beban puncak mencapai 300 BBTUD, sementara di Iuar waktu beban puncak sebanyak 100 BBTUD. Kekurangan pasokan gas saat beban puncak selama ini digantikan dengan BBM sebesar 203.000 kilo liter per tahun.

"Ke depan, BBM harus dieliminasi dari PLTG Muara Tawar atau ditekan seminimal mungkin. BBM hanya boleh untuk kondisi darurat saja saat pembangkit lain mengalami gangguan," tegas Nur.

BACA JUGA: 2015, Batik Air Layani Rute Ke Australia

Storage CNG plant Muara Tawar dibangun dengan investasi Rp. 557 Miliar. Proyek yang diharapkan break even point (BEP) pada bulan Oktober 2014 dibangun selama 8,5 bulan dengan groud breaking pada 1 Juli tahun 2013.

Pembiayaan proyek didanai PT Pembangkitan Jawa Bali (anak perusahaan PLN) dan dikerjakan oleh Konsorsium PT Pembangunan Perumahan (PP) - Odira - Adcomp.

Selain dikerjakan oleh anak bangsa, instalasi CNG ini juga banyak menggunakan material produksi dalam negeri dan dirakit di dalam negeri. Material yang impor hanya gas compressor dan CNG storagenya.  

Selain menghemat BBM, operasional storage CNG plant Muara Tawar juga berkontribusi pada pengurangan emisi. Substitusi BBM yang dihasilkan storage CNG plant tersebut mampu mengurangi emisi S02 sebesar 350 ton per tahun. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BCA Donasikan CSR Rp 850 Juta Buat Unicef


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler