Polisi Daerah Ini Siap Berlakukan Tilang Emisi

Jumat, 25 Agustus 2023 – 09:31 WIB
Pelaksaan uji emisi di Perumahan Pesona Khayangan Depok. Foto/ilustrasi: Sarlantas Depok, Jabar

jpnn.com, BOGOR - Satlantas Polresta Bogor Kota bakal melaksanakan tilang emisi bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi.

Hal itu sebagai upaya menurunkan polusi udara di jalan raya sesuai instruksi Polda Jawa Barat dan pemerintah setempat.

BACA JUGA: Mulai 1 September, Kendaraan di Jakarta yang Belum Uji Emisi Akan Ditilang

Kasatlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria menyebut penilangan dapat dilakukan polisi lalu lintas (polantas) ketika parameter ambang batas emisi dan instruksi sudah terbit dan berlaku di wilayah Jawa Barat.

"Kami tentu harus menunggu dulu instruksi pemberlakuan tilang emisi dan besok akan koordinasi dulu dengan Dinas Perhubungan. Pada dasarnya kami siap melaksanakan instruksi yang diberikan," ucap Galih.

BACA JUGA: Ponpes Cipasung Gelar Doa Bersama Lintas Agama untuk Papua Damai

Kompol Galih menyebut uji emisi biasa dilakukan oleh Dinas Perhubungan, jika diberlakukan tilang bagi kendaraan tidak lolos uji emisi maka pengecekan kondisi kendaraan akan dilakukan bersama Satlantas.

Koordinasi terkait kesiapan alat uji emisi dan teknis pengecekan akan dilakukan pada Jumat (25/8).

BACA JUGA: Jika Duet Ganjar-Anies Terjadi, Demokrat - PKS Akan Merasa Dikhianati

"Kalau kami enggak ada alat. Besok akan kami tanyakan, yang jelas kebijakan ini biasanya ada dari provinsi dulu," kata Galih.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyatakan bahwa KLHK telah menerapkan modifikasi cuaca berupa hujan buatan hingga uji emisi untuk mengatasi polusi udara.

Menteri Siti menegaskan bahwa Tim Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Pencemaran Udara di Jabodetabek telah dibentuk dan sudah mulai bergerak untuk menindaklanjuti perusahaan, baik Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), dan perusahaan yang melakukan pembakaran limbah elektronik maupun hasil produksi lainnya secara terbuka.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai melakukan uji coba razia bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi di lima ruas jalan di wilayah Kota Jakarta pada Jumat (25/8) pagi.

Razia akan dilaksanakan serentak di lima titik, yakni Jalan Perintis Kemerdekaan (Jakarta Timur), Jalan RE Martadinata, (Jakarta Utara), kawasan Taman Anggrek (Jakarta Barat), Terminal Blok M (Jakarta Selatan), dan Jalan Asia Afrika (Jakarta Pusat).

Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Sarjoko menjelaskan pra-razia tilang uji emisi masih bersifat sosialisasi, sehingga polisi belum menjatuhkan sanksi denda terhadap kendaraan yang tidak lolos uji emisi.

Sanksi baru akan diberikan pada periode 1 September hingga 30 November 2023. "Sepeda motor akan dikenakan sanksi denda sebesar Rp 250 ribu, dan untuk kendaraan bermotor (mobil) sebesar Rp 500 ribu," ujar Sarjoko.

Dia mengatakan Pemprov DKI menggunakan dua dasar hukum untuk penilangan bagi kendaraan tidak lolos uji emisi.

Pertama, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 285 Ayat 1 yang berbunyi: "Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 Ayat (3) Juncto Pasal 48 Ayat (2) dan Ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

Lalu, Pasal 286 yang isinya setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 Ayat (3) Juncto Pasal 48 Ayat (3), dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.(antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler