Polisi Klaim Operasi Ketupat Sukses Tekan Kriminal

Senin, 12 Agustus 2013 – 14:14 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Mabes Polri mencatat terjadi sebanyak 1.370 aksi kejahatan sepanjang pelaksanaan operasi ketupat 2013 hingga H+3 lebaran. Diinformasikan bahwa saat mudik lebaran, tren kejahatan mulai menunjukkan penurunan.

Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombespol Agus Rianto menyebutkan, tren penurunan aksi kejahatan sudah terlihat pada H+2 ke H+3 lebaran yang terjadi penurunan sebanyak 7 kasus.

BACA JUGA: Warga Pantura Dukung Ipar SBY Jadi Capres

"Pada H+3, Minggu (11/8) tercatat 97 kasus kejahatan. Angka ini turun dibanding H+2, Sabtu (10/8) sebanyak 104 kasus. Yang terjadi pada H+3 kemarin semuanya kejahatan konvensional," kata Agus Rianto, Senin (12/8).

Dari data yang ada kejahatan konvensional menempati angka tertinggi yakni 1.370 kasus sejak operasi ketupat 2 Agustus - H+2. Jenisnya terdiri dari pencurian dengan pemberatan totalnya hingga H+3 sebanyak 136 kasus, pencurian dengan kekerasan 21 kasus,  pencurian kendaraan bermotor 147 kasus dan penganiayaan berat 74 kasus, sehingga totalnya 378 kasus.

BACA JUGA: Polisi Tilang 37.911 Pemudik

Sedangkan tiga jenis kejahatan lain di antaranya kejahatan transnasional sepanjang operasi ketupat tercatat 40 kasus, kejahatan terhadap kekayaan negara 8 kasus, dan kejahatan berimplikasi kontijensi 2 kasus.

Dikatakannya juga untuk jajaran Polda dengan tingkat kejahatan tertinggi pada H+3 lebaran ditempati Polda Jatim sebanyak 24 kasus, Polda Jateng 19 kasus, Polda DIY dan Polda Sulsel masing-masing 7 kasus serta Polda NTB 6 kasus.

BACA JUGA: Politisi PDIP Minta Pemerintah tak Manjakan Koruptor

"Secara umum kondisi Kamtibmas sepanjang operasi ketupat per H+3 kondusif," jelasnya. (Fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jangan Hanya Sipir yang Disasar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler