Politik Santun dan Santuy ala Pemimpin Muda

Oleh: Afrizal

Sabtu, 02 Desember 2023 – 19:08 WIB
Gaya Kaesang Pangarep saat mengucap kata cinta kepada istrinya dalam pidato sebagai Ketum PSI. Foto: YouTube Partai Solidaritas Indonesia

jpnn.com - Terpilihnya Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memberikan warna, wajah, dan arah baru serta angin segar dalam dunia perpolitikan Tanah Air.

Kehadirannya dengan politik santun dan santuy membuktikan jati diri anak muda bangsa saat ini.

BACA JUGA: Peran Pemimpin Muda dan Upaya Mengawal Kebebasan Berekspresi Mahasiswa

Dalam acara Konser Pilpres Santuy Ojo Rungkad" di Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (24/10/2023) malam, Kaesang mengajak masyarakat untuk berpolitik dengan santun dan santai.

Kaesang menganggap politik sebagai sesuatu yang harus disambut dengan penuh sukacita dan riang gembira.

BACA JUGA: Menko Airlangga: Generasi Muda Harus Mampu Merespons Pertumbuhan Teknologi

“Kalau ada yang fitnah? Jogetin aja. Kalau ada yang nyebar hoax? Kita senyumin aja.Ojo Nesu, kalua perlu kasih jempol,” kata Kaesang.

Memang seperti itulah politik. Kaesang melihat politik sebagai sesuatu jalan yang mesti ditempuh dengan gembira demi memperjuangkan segala cita-cita anak bangsa menuju Indonesia maju.

BACA JUGA: Gibran Tantang Anak Muda Berwirausaha, Timnas AMIN Singgung Privilege dan Jalur Instan

Politik santun dan santuy yang diusung Kaesang bukan sekadar bualan. Sejak ia bergabung dan memimpin PSI, berbagai kritik dan hujatan telah banyak dialamatkan kepadanya.

Akan tetapi, Kaesang menanggapi nada sumbang itu dengan santai. Ia bahkan menilai kalau tidak ada serangan kepadanya, ia tidak akan tambah terkenal.

”Alhamdulillah, karena kalau nggak diserang, mungkin kami nggak terkenal,” katanya.

Ia masih menganggap nada sumbang dan serangan kepadanya itu masih berdosis rendah. Tuduhan politik dinasti, bocah ingusan, dan hal yang bernada sumbang lainnya diladeni dengan santai.

Segala hal yang buruk-buruk diarahkan kepadanya, dapat ia tangkis dengan mudah. Pada akhirnya provokasi lawan politiknya itu pun tidak mempan sama sekali.

Kaesang tetap fokus untuk membuktikan pemimpin muda mampu membuktikan kemampuan mereka dan memenuhi harapan masyarakat.

Ia tak ingin hal yang membuang waktu itu menghabiskan energinya. Ia terus fokus untuk meletakkan generasi muda sebagai penentu politik, bukan sebagai objek yang selalu di manfaatkan.

Kaesang ingin politik adu visi dan gagasan. Tentu semua itu harus dijalankan dengan semangat optimisme dan riang gembira.

Bagi Kaesang, berpolitik bukan sekadar hura-hura atau ikut-ikutan. Akan tetapi, berpolitik adalah untuk kebajikan dan kesejahteraan rakyat.

Untuk mencapai itu, Kaesang menwujudkannya dengan komitmen, integritas, dan visi yang jelas.

Kaesang adalah contoh nyata dan contoh positif bagi generasi muda yang terlibat langsung dengan politik.

Ia pun mendorong generasi muda untuk terjun ke politik. Baginya, masuk ke politik adalah cara menyelamatkan masa depan dan bentuk penghormatan kepada generasi terlebih dahulu.

Kaesang memang terbilang baru dalam dunia politik Indonesia. Namun, nilai santun dan santuy yang ia usung memberikan sumbangsih yang besar bagi politik Tanah Air.

Selain itu, meski umurnya muda, tindak tanduknya sudah seperti politisi senior. Kedewasaan dan kematangannya dalam berpikir dan bertindak patut diapreasiasi.

Ia tidak ingin melihat politik sebagai barang yang ruwet, rumit, dan bikin otak mumet.

Sebagaimana karakter Kaesang yang santai, santun, dan penuh humor, langkah politiknya membuktikan bahwa politik harus bebas dari ketegangan dan hujatan.

Ia seolah-olah tengah memberi pesan bahwa generasi muda agar bijak menghadapi persoalan. Energi besar yang dimiliki anak muda lebih baik dialihkan untuk kepentingan dan kemajuan bangsa.

Dengan hadirnya Kaesang di ranah politik, pandangan generasi muda terhadap politik yang selama ini tidak baik dan dibanjiri arus pesimisme pun dapat berangsur berubah.

Politik yang kerap dicap kotor, penuh kebusukan, sumber berita bohong, sarang fitnah, dan hal buruk lainnya lambat laun mulai dianggap sesuatu yang menyenangkan dan menggembirakan.

Tentunya mengubah persepsi semacam itu tidak mudah dan tidak sebentar.

Dengan gaya politik santuy dan santunnya, secara tidak langsung, Kaesang juga telah menjadi inspirasi bagi generasi muda di Indonesia.

Apa yang ia lakukan itu juga ikut memberikan semangat optimisme anak muda dan membuang sikap apatis atau acuh tak acuh terhadap politik.

Penulis Adalah Politikus Muda Golkar di Kabupaten Pesisir Selatan


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler