Polresta Pekanbaru Jadi Nominasi Terbaik Kompolnas Awards 2022, Ini Pencapaiannya

Kamis, 08 Desember 2022 – 21:20 WIB
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pria Budi menerima penganugerahan Polresta terbaik se-Indonesia dari Kompolnas. Foto: Dokumentasi Polresta Pekanbaru.

jpnn.com, PEKANBARU - Polresta Pekanbaru menempati peringkat pertama nominasi terbaik Kompolnas Awards 2022 dari seluruh polres di Indonesia.

Ketua Tim Penilaian Kompolnas Awards 2022 Irjen (Purn) Benny Josua Mamoto mengatakan bahwa dalam penganugrahan Kompolnas Awards ini, terdapat nominasi Polda, Polres serta Polsek Terbaik, serta Kapolda, Kapolres, dan Kapolsek terbaik.

BACA JUGA: Polresta Cirebon Menemukan Bunker di Sebuah Warung, Isinya Ternyata

Polresta Pekanbaru di bawah kepemimpinan Kombes Pria Budi menjadi yang terbaik pertama pada penganugrahan Kompolnas Awards 2022 yang dilaksanakan di Auditorium PTIK, Jakarta. Kamis (8/12).

Penganugrahan itu diberikan langsung oleh Menkopolhukam RI Mahfud MD yang juga selaku Ketua Kompolnas.

BACA JUGA: Polsek Astananyar Dibom, Polresta Pekanbaru Kerahkan Polisi Bersenjata Laras Panjang di Gerbang

“Iya benar. Polresta Pekanbaru nominasi terbaik dari seluruh Indonesia,” kata Benny Josua saat dikonfirmasi JPNN.com.

Benny Josua Mamoto menjelaskan penganugrahan kepada Polresta Pekanbaru ini diberikan setelah pihaknya melakukan survey dan kuesioner langsung kepada masyarakat di Bumi Lancang Kuning.

BACA JUGA: Heboh Pungli Surat Keterangan Kecelakaan di Polresta Mataram, Propam Bergerak

“Kriteria yang dinilai berawal saat penanganan Covid-19. Pertama dilihat dari capaian vaksinasi, bentuk kegiatan untuk membantu masyarakat pemulihan nasional dan daerah,” jelasnya.

Kemudian, kata eks Direktur Pemberantasan Narkotika BNN itu menambahkan bahwa angka penyelesaian masalah, penyelesaian secara restorative justice, inovasi kepada pelayanan masyarakat, menyangkut masalah yang berkaitan dengan harkamtibmas di Polresta Pekanbaru adalah yang terbaik.

“Dari poin itu kami nilai dengan tahapan masing-masing setelah kami data, verifikasi, analisis, kroscek dengan data di Posko Presisi, dan keluhan masyarakat sangat sedikit. Setelah itu mengerucut angkanya kepada Polresta Pekanbaru yang terbaik,” paparnya.

Bahkan, Tim penilai yang terdiri dari Itwasum Polri, pihak Mabes Polri Hermawan Kertajaya, dan Nanang Sukarman juga melakukan survei langsung ke Polresta Pekanbaru.

“Kami turun langsung untuk mengecek apakah ada keluhan dan komplain dari masyarakat itu kami cek semua. Akhirnya kami putuskan untuk Polresta Pekanbaru pada urutan pertama ” lanjutnya.

Kompolnas menilai bahwa inovasi pelayanan di Polresta Pekanbaru, mulai dari inovasi Bhabinkamtibmas, Kampung Narkoba, sarana prasarana tahanan dan lainnya dinilai sangat bagus.

“Pertama kami berharap ini dipertahankan dan terus ditingkatkan. Polres lain saya dorong untuk tahun depan bisa bersaing diharapkan bisa menjadi juara,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pria Budi mengatakan pencapaian tersebut berkat kerja keras dari teman-teman di Mapolresta Pakanbaru dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, pemulihan ekonomi dengan memberikan bantuan sosial (bansos) kepada Masyarakat.

"Alhamdulillah, kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Kompolnas bahwa Polresta Pekanbaru meraih predikat pertama se-Indonesia pada nominasi Kompolnas Award Tahun 2022," ungkap Kapolres.

Pencapaian itu berkat kerja tim di Mapolresta Pekanbaru. Tanpa kerja tim yang kompak, predikat ini tidak akan diraih Polresta Pekanbaru.

“Ini semua juga berkat bantuan masyarakat. Kami mengucapkan terima kasih kepada Masyarakat Kota Pekanbaru,” lanjut mantan Dir Pamobvit Polda Riau itu.

Jebolan Akpol 1999 itu menyebut Polresta Pekanbaru berhasil unggul dari polres-polres se-Indonesia.

"Mempertahankan itu lebih berat dari pada meraihnya. Jadi kami berpesan kepada seluruh personel Polresta Pekanbaru harus kita menjaga Kompolnas Awards ini agar tahun berikutnya Polresta masih mempertahankan predikat pertama ini," tutup Pria Budi. (mcr36/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler