Polri Telusuri Motif Pelaku Peledakan Vihara

Senin, 05 Agustus 2013 – 01:35 WIB
Aparat Kepolisian Siaga di Lokasi Peledakan Bom. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Kabareskrim Polri Komjen Sutarman mengaku pihaknya belum dapat menduga-duga pelaku yang meletakkan dua bahan peledak di Vihara Ekayana Jalan Mangga I Nomor 8 Rt. 08/08 Kelurahan Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Hal ini disampaikan Sutarman di sela-sela mengikuti olah lokasi kejadian oleh tim Penyelidik Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Barat.

BACA JUGA: Bom di Vihara Ekayana Berdaya Ledak Kecil

"Itu adalah persoalan yang harus kita ungkap, siapa yang melakukan. Kita olah lokasi dulu sehingga bisa ketahui siapa pelakunya," kata Sutarman, Minggu malam, (4/8).

Sutarman mengungkapkan, pelaku bisa saja diketahui dari jenis rakitan bahan peledaknya. Oleh karena itu, kepolisian perlu merampungkan pengumpulan alat bukti dan analisis sembari mencari identitas pelaku melalui saksi di tempat kejadian.

BACA JUGA: Satu Bom Gagal Meledak di Vihara Ekayana

Sementara itu, di tempat yang sama Kapolda Metro Jaya, Irjen Putut Eko Bayuseno menyatakan motif pelaku pun belum dapat diketahui lebih jauh sebelum berhasil ditangkap.

"Sekarang anggota sedang melakukan penyelidikan terhadap pelakunya. Setelah ditangkap Insya Allah akan kita sampaikan," kata Putut.

BACA JUGA: Curiga Konvensi sebagai Cara Loloskan Putra Mahkota

Namun, ia tak menampik ada nuansa teror yang sengaja diciptakan pelaku dengan membawa bahan peledak ke rumah ibadah. Beredar informasi bahwa seorang pria terlihat di CCTV vihara meletakkan sebuah handphone di lokasi. Saat dikonfirmasi, Putut mengaku belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut.

"Ini kan masih olah lokasi. Nanti saja kita paparkan," tandasnya. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ledakan Guncang Vihara Ekayana


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler