Potensi Daerah Terbentur Dana

Selasa, 03 Mei 2011 – 20:11 WIB

JAKARTA - Banyak potensi yang dimiliki daerah tidak bisa digarap dengan baik lantaran terbentur pendanaanKarenanya, seluruh pimpinan Bank Indonesia (BI) yang bertugas di berbagai daerah diminta untuk proaktif dalam membantu percepatan pembangunan di daerah

BACA JUGA: LPDB-KUMKM Gelar Bursa Lapangan Usaha

Sinergitas BI dengan Pemerintah Daerah sangat diperlukan, apalagi di era otonomi daerah saat ini.

’’Sinergitas antara Pemda dan BI ke depan saya kira sudah mutlak
BI tentunya harus mendorong kebijakan-kebijakan pemerintah daerah tentang percepatan pembangunan di daerah serta program yang berpihak kepada rakyat ,’’ucap Gubernur Riau, HM Rusli Zainal SE MP dalam acara Inspirational Leadership bagi para pimpinan BI dari berbagai daerah di Gedung Heritage Learning Center, Jakarta, Selasa (3/5)

BACA JUGA: Pengamat : Rancu Jika Pemerintah Ambil Saham NNT



Menurut Rusli yang pada kesempatan itu menjadi salah satu pembicara, BI memang tugasnya sebagai pengawasan
Tapi katanya, BI tentunya harus mampu mendorong bank-bank pelaksana di daerah untuk secara proaktif membuat skim-skim (pinjaman) yang sesuai dengan potensi dan karakteristik yang ada di setiap daerah.

‘’BI harus berperan untuk menggerakkan bank-bank pelaksana, sehingga  sasaran pembangunan yang ada di daerah dapat tercapai,’’ tuturnya.

Rusli menyebut banyak sekali potensi di daerah yang belum tereksploitasi dengan baik

BACA JUGA: Trimegah Bidik Posisi Lima Besar

Tidak mungkin potensi tersebut dapat dieksploitasi bila anggarannya tidak adaDi sini lah, ujar Rusli,  tugas para pimpinan BI di daerah untuk ikut mendorong bagaimana agar potensi tersebut dapat dieksploitasi dengan memberikan dukungan anggaran yang memadai.

‘’Meskipun potensinya melimpah, tapi tanpa didukung dengan anggaran yang memadai kan percuma sajaNah di sinilah saya kira peran BI bagimana potensi itu bisa digarap secara optimal,’’ ungkap Ketua DPP Partai Golkar itu.

Di samping itu Rusli juga meminta pada pimpinan BI yang ada di daerah untuk terus mendorong pemerintah daerah untuk melksanakan program-program yang dapat memajukan perekonimian dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

‘’Saya minta para pimpinan BI tidak mudah putus asa jika ditemukan kepala daerah yang sulit diajk bekerja samaKarena tanpa dorongan dan dukungan BI, maka suatu daerah akan sulit maju dan berkembang,’’ pungkasnya(yud/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dirjen Pajak Dinilai Ragu Usut Kasus Pajak AMS


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler