PP Turunan UU ASN Baru Diterbitkan Tahun Depan, Alex Denni Hengkang dari KemenPAN-RB, Ada Apakah?

Rabu, 15 November 2023 – 12:19 WIB
PP turunan UU ASN baruu diterbitkan tahun Depan, Alex Denni Hengkang dari KemenPAN-RB, Ada apakah? IIlustrasi ASN: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Peraturan Pemerintah (PP) turunan UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) akan diterbitkan tahun depan.

Padahal, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas pada 3 Oktober menyampaikan PP turunan UU ASN baru ini akan diterbitkan akhir tahun 2023.

BACA JUGA: Guru Honorer Berijazah SMA Punya Peluang, Tunggu PP Turunan UU ASN 2023

Pernyataan Menteri Anas juga dipertegas oleh Alex Denni yang saat itu masih menjabat Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB.

Alex, bahkan mengungkapkan RPP Manajemen ASN sudah mencapai 70 persen penyelesaiannya, sehingga diperkirakan akhir 2023 sudah bisa diterbitkan.

BACA JUGA: PP Turunan UU ASN 2023 Bakal Disahkan, Usulan Formasi PPPK & PNS Diambil Alih Pusat 

Namun, tiba-tiba ada kabar Alex Denni hengkang dari KemenPAN-RB. Ini mulai tercium saat rapat koordinasi perencanaan kebutuhan ASN 2024, Alex Denni tidak tampak 

Dia justru diwakili Aba Subagja yang ditunjuk sebagai Plt. Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB.

BACA JUGA: Usulan Pengangkatan PNS dari PPPK Menguat, Masuk PP Turunan UU ASN Baru?

Rupanya kabar pengunduran diri Alex Denni ini sampai juga kepada para pemimpin dan anggota Komisi II DPR RI.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Dolly Kurnia Tandjung, bahkan mempertanyakan masalah tersebut kepada MenPAN-RB Azwar Anas.

"Pak Alex sudah mengundurkan diri, ini kenapa mengundurkan diri. Selama ini pembahasan rUU ASN hingga disahkan menjadi UU karena kolaborasi DPR RI dengan KemenPAN-RB yang diwakili Pak Alex Denni," kata Ahmad Dolly dalam rapat kerja Komisi II DPR RI dengan Menteri Anas di Jakarta, Senin (13/11).

Politikus Fraksi Golkar ini mengungkapkan bagaimana kolaborasi yang baik sudah tercipta antara DPR RI dengan Alex Denni. 

Namun, tiba-tiba Alex mengundurkan diri, sehingga kata Dolly, muncul kekhawatiran PP turunan UU ASN baru akan tersendat-sendat.

"Kata MenPAN-RB ada 600 DIM untuk PP turunan UU ASN baru, makanya ditargetkan selesai 31 April. Apakah ini karena Pak Alex mundur sehingga jadwal berubah semua," seru Dolly.

Dia pun mengungkapkan kekecewaannya karena beberapa pasal harus dihilangkan dalam UU ASN karena ada solusi baru untuk honorer.

Kalau sekarang Alex Denni sudah mengundurkan diri, tambahnya, apakah ada jaminan PP ini bisa melindungi honorer.

"Kalau Pak Alex kan sudah jelas visi misinya, sudah klop dengan Komisi II DPR RI. Kami meminta komitmen KemenPAN-RB agar kesepakatan yang sudah dilakukan saat Pak Alex masih Deput SDN bisa dilanjutkan," tegasnya. (esy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler