PPKM Level 4 Diperpanjang, Pekerja di Sektor Informal Paling Terdampak

Senin, 26 Juli 2021 – 21:52 WIB
Ilustrasi - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily mengingatkan pemerintah bahwa pekerja di sektor informal paling terdampak pada kebijakan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dari 26 Juli hingga 2 Agustus mendatang.

Untuk itu, Ace menyampaikan tiga rekomendasi dalam pengawasan perpanjangan PPKM level 4 dengan penyesuaian sektor-sektor tertentu untuk beroperasi.

BACA JUGA: PPKM Level 4 Diperpanjang, Bamsoet Punya Saran soal Cara Cegah PHK Karyawan

“Pertama, pemerintah daerah harus memastikan aturan yang menjadi landasan hukum bagi pengaturan sektor-sektor tertentu yang diperbolehkan beroperasi disertai sanksi bagi pelanggarnya,” ujar Ace di Jakarta, Senin (26/7).

Kemudian PPKM level 4 dengan penyesuaian terhadap sektor-sektor tertentu tetap harus diiringi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

BACA JUGA: Bang Saleh Minta Pekerja Informal juga Dapat Bantuan Subsidi Upah

Kedua, Ace menyarankan pemerintah baik pusat maupun daerah perlu memastikan kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi melalui bantuan sosial akibat perpanjangan PPKM level 4.

Hal ini mengingat PPKM level 4 sangat berat bagi masyarakat kalangan menengah bawah.

BACA JUGA: Ternyata Sudah Ada Sekolah Mulai Belajar Tatap Muka

Ace melihat tidak semua komponen masyarakat menengah bawah yang terdampak COVID-19 mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah.

“Jika ada yang masih belum terjangkau oleh bantuan sosial, masyarakat harus dibiarkan membuka usahanya dengan protokol kesehatan yang ketat. Namun, jika melanggar pemerintah dapat segera menutup usahanya itu,” ucap Ace.

Ketiga, Ace berharap muncul kesadaran masyarakat secara luas tentang protokol kesehatan. Hal ini penting untuk terus dipastikan.

“Ini yang lebih penting, kebijakan PPKM level 4 semata-mata untuk menekan angka penularan. Jika penularan masih tinggi pasti akan tetap membuat ekonomi mengalami perlambatan,” kata Ace.

Ace kemudian mengingatkan, nyawa dan keselamatan jiwa juga menjadi taruhannya jika kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan masih rendah.

Tiga rekomendasi itu disampaikan Ace dengan berkaca pada sektor ekonomi informal masyarakat yang sangat terdampak akibat pengetatan mobilitas masyarakat untuk menekan penularan COVID-19.

“Para pekerja harian, para pedagang di pasar, pedagang makanan di pinggir jalan, dan lain-lain, yang mereka bekerja di sektor informal sangat terdampak akibat pengetatan ini,” katanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya memutuskan untuk melanjutkan PPKM level 4 mulai 26 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021.

Perpanjangan dilakukan dengan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat.(Antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler