Prabowo Dinilai Masih Meraba - raba

Sabtu, 30 Maret 2019 – 17:35 WIB
Prabowo Subianto saat debat capres kedua, Minggu (17/2) malam. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Calon Wakil Presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin menilai Joko Widodo akan memenangkan debat kandidat nanti melawan Prabowo Subianto.

Pasalnya, menurut Kiai Ma'ruf, pria yang akrab disapa Jokowi itu lebih berpengalaman dibanding Prabowo.

BACA JUGA: Analisis Pengamat soal Kelebihan & Kekurangan Jokowi dan Prabowo di Debat Nanti

"Pak Jokowi sudah sangat siap. Beliau sudah 4 tahun lebih memimpin bangsa ini. Tahu masalah-masalah, tahu solusinya, tahu yang sudah, tahu yang akan dikerjakan. Beliau sudah prepare. Kalau yang belum kan baru meraba-raba," kata Kiai Ma'ruf di Depok, Sabtu (30/3).

BACA JUGA : Serba-serbi Duel Jokowi Vs Prabowo Malam Nanti

BACA JUGA: Capres Harus Tawarkan Konsep Perbaikan Institusi Polri

Kiai Ma'ruf juga mengomentari debat diprediksi akan mempertarungkan ideologi Pancasila dan khilafah, seperti yang disuarakan oleh mantan Kepala BIN Hendropriyono.

BACA JUGA : Kampanye di Basis Prabowo, Kiai Ma’ruf Amin Pede Raih 70 Persen

BACA JUGA: KPU Hanya Undang Kapolri dan Panglima TNI di Debat Capres

Menurut Kiai Ma'ruf, khilafah sebenarnya sudah selesai di Indonesia. Dia memastikan ideologi itu tidak akan laku di Indonesia.

"Semua elemen bangsa, semuanya tidak akan menerima kehadiran khilafah karena kami sudah punya kesepakatan, Pancasila, UUD 45, bentuk negara kita republik. Makannya MUI, NU, Muhammadiyah organisasi besar semua menolak khilafah," kata dia.

BACA JUGA : KPU Hanya Undang Kapolri dan Panglima TNI di Debat Capres

Saat disinggung khilafah maupun HTI berada di balik Prabowo - Sandiaga Uno, Kiai Ma'ruf mengatakan hal itu adalah pilihan politik setiap orang. Namun, Kiai Ma'ruf mengingatkan bahwa khilafah tidak akan bertolak jika diterapkan di Indonesia.

"Ya, sangat mungkin mereka menggunakan kendaraan politik. Mereka bisa saja menggunakan politik sebagai kendaraan untuk memperjuangkan keinginan mereka. Karena itu, tidak akan berhasil," tandas Kiai Ma'ruf. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Debat Capres Harus Jelaskan Berkembangnya Kelompok Antiradikal


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler