Prabowo Setuju Usul Jokowi soal Perlindungan TKI

Minggu, 22 Juni 2014 – 21:02 WIB

jpnn.com - JAKARTA – Calon Presiden yang diusung koalisi Merah Putih, Prabowo Subianto, kembali menyatakan mendukung pandangan calon presiden Joko Widodo.

Jika dalam debat kedua yang dilaksanakan pada 15 Juni lalu, Prabowo setuju dengan ide pengembangan ekonomi kreatif Jokowi, maka kali ini ia setuju dengan ide perlindungan terhadap tenaga kerja Indonesia di luar negeri.

BACA JUGA: Jokowi Utamakan Diplomasi, Bukan Perang

"Jadi intinya, karena kemiksinan yang mendalam di daerah-daerah, membuat banyak TKI bekerja ke luar negeri. Bahkan dilakukan secara ilegal. Saya dalam hal ini sependapat dengan Jokowi, kalau beliau punya pendapat bagus, saya katakan itu baik,” katanya dalam debat calon presiden yang digelar di Hotel Holiday Inn, Jakarta, Minggu (22/6) malam.

Mendukung pendapat Jokowi, Prabowo menilai ada beberapa langkah yang harus dilakukan guna melindungi TKI di luar negeri. Antara lain harus menyeleksi dan mendidik, menyiapkan, menyertifikasi para tenaga kerja yang hendak berangkat.

BACA JUGA: Ruhut: Seizin SBY, Saya Dukung Jokowi-JK

“Langkah tersebut sangat kita butuhkan, karena masalahnya banyak tenaga kerja yang diselundupkan. Ini adalah ilegal human traffick. Mereka berangkat karena terpaksa. Karena di Indonesia tidak ada lapangan kerja. Mereka bekerja karena harus mencari sesuap nasi menghidupi anak-anak mereka, mereka datang ke tempat sangat miskin,” katanya.

Dengan pendidikan yang baik, Prabowo yakin TKI akan lebih dihargai dan penghasilan yang diperoleh juga akan jauh lebih besar.

BACA JUGA: Jokowi Ingin Pesawat Tanpa Awak Awasi Maritim

“Jadi kita harus siapkan tenaga kerja dengan pendidikan yang baik. Supaya penghasilan baik. Supaya saudara-saudara kita tidak hanya menjadi tukang sapu atau pembantu rumah tangga,” katanya.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Siapkan Poros Maritim Dunia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler