Pramono Isyaratkan di Luar Iman dan Nanan

Senin, 04 Oktober 2010 – 11:50 WIB
JAKARTA - Wakil Ketua DPR dari PDIP, Pramono Anung mengatakan nama calon Kapolri yang bakal dikirim Presiden ke DPR diluar dari dua nama calon Kapolri, Komjen Imam Soedjarwo dan Komjen Nanan Soekarna yang sempat ramai di publikHanya saja, mantan Sekjen DPP PDIP itu enggan menyebutkan nama yang dimaksud.

"Saya sudah mengetahui dan mendengar nama itu, sudah ada, mudah-mudahan siang atau sore ini sudah masuk

BACA JUGA: Menhub Enggan Mengundurkan Diri

Sebenarnya rencananya kemarin, karena berbagai alasan baru akan dimasukkan hari ini, mengenai nama yang berkembang jujur saya belum berani mengatakan secara terbuka, tapi nama yang akan diajukan mungkin berbeda dengan nama yang berkembang dipublik," kata Pramono di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senini (4/10).

Belum dikirimnya nama calon Kapolri oleh Presiden diakui  Pramono mengakibatkan internal Polri dan Pemerintah tidak solid karena adanya tarik menarik yang berkepanjangan, ditambah lagi para politisi yang ikut menjagokan para calonnya.

"Sebaiknya kita tunggu saja, tapi yang jelas, saya sebagai pimpinan dewan berharap tarik menarik tidak berkepanjangan
Kalau diperpanjang maka yang akan dirugikan masyarakat," tukasnya.

Walau begitu, kata Pramono, proses pemilihan calon Kapolri kata dia akan menjadi pengalaman berharga

BACA JUGA: Nama Ito Muncul, SBY Serahkan Nama Sore Ini

Seharusnya kata dia, penentuan Calon Kapolri sebaiknya ditentukan lebih awal sehingga tidak ada tarik menarik kepentingan seperti pada pemilihan calon Panglima TNI.

"Menurut saya ini pengalaman yang berharga  sehingga dalam konteks kapolri dan Panglima TNI, sepatutnya ditentukan lebih awal sehingga tidak perlu membuka ruang untuk siapapun mempengaruhi presiden," ucapnya.

Dijelaskan pula Pramono, adanya tarik menarik kepentingan pemilihan calon Kapolri karena tugas, wewenang dan tanggung jawab Polri bersentuhan langsung dengan masyarakat
Sehingga kata dia, pemilihan Kapolri tidak berjalan mulus seperti pemilihan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono

BACA JUGA: Ito Sumardi Jadi Calon Kapolri Alternatif



Sebelumnya, dalam akun twitternya @pramonoanung memberi bocoran dengan menuliskan:  "Kapolrinya ...Pernah jadi Kapolwil Surabaya...Kapolda 2 kali di Sumatera," tulis PramTulisan itu merujuk pada sosok Komjen (Pol) Ito SumardiIto Sumardi pernah menjabat sebagai Kapolwiltabes Surabaya pada tahun 2001-2003 dan Kapolda Sumatera Selatan serta Kapolda Riau.(fuz/awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Warga Sekitar Stasiun Petarukan Gelar Tahlilan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler