Prancis Bekuk Penyebar Teror Palsu

Selasa, 05 Oktober 2010 – 12:12 WIB

PARIS - Polisi antiteror Prancis menangkap seorang pria yang diduga terkait dengan sejumlah ancaman bom palsu di stasiun kereta api utama di Kota Paris pekan laluAncaman teror terhadap Prancis selama sebulan terakhir juga diduga muncul dari orang tersebut.
 
Seperti dilansir Agence France-Presse, pria yang tidak disebutkan identitasnya itu berusia 26 tahun

BACA JUGA: Salah Serang, NATO Minta Maaf

Dia adalah tersangka pertama yang ditangkap polisi setelah serangkaian ancaman bom di sejumlah wilayah, termasuk di Menara Eiffel.
 
Polisi tidak menginformasikan detail tersangka
Polisi hanya menyatakan bahwa pria 26 tahun itu ditangkap di apartemennya di Kota Meudon, barat laut Paris, kemarin waktu setempat (4/10)

BACA JUGA: Australia Dukung Misi AS di Afghanistan


 
Dia diduga bersalah
Salah satunya ancaman serangan bom di Stasiun Kereta Api Saint-Lazare pada Jumat (1/10)

BACA JUGA: Pemerintah Belanda Jamin Imunitas SBY

Pelaku menyampaikan ancaman tersebut melalui teleponAncaman itu hanya berselang empat hari setelah otoritas Paris mengevakuasi ratusan wisatawan dari Menara Eiffel karena ancaman bomPolisi yang menyisir lokasi tidak menemukan bahan peledak apa pun yang membahayakan wisatawan.
 
Ancaman bom bohong tersebut adalah aksi susulan setelah otoritas setempat mengumumkan bahwa Prancis sedang menghadapi ancaman serius kelompok terorisBahkan, secara spesifik, media lokal menyebut Osama bin Laden berada di balik ancaman serangan itu.
 
Associated Press melaporkan, otoritas Prancis telah mencatat sembilan ancaman bom di seantero Paris hanya dalam kurun waktu sebulan terakhirTermasuk dua kali di Menara Eiffel yang memaksa otoritas mengevakuasi pengunjungJumlah ancaman tersebut meningkat tiga kali lipat jika dibandingkan dengan tahun lalu.
 
Meski demikian, semua ancaman tersebut tidak terbuktiDalam hukum yang berlaku di Prancis, pelaku ancaman bom palsu bisa dihukum hingga dua tahun penjara atau denda EUR 30 ribu (Rp 366 juta)(cak/c6/dos)

BACA ARTIKEL LAINNYA... RI Dukung Program Nuklir Iran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler