Prancis v Meksiko: Problema Formasi

Kamis, 17 Juni 2010 – 06:35 WIB
ABA-ABA - Pelatih Javier Aguirre saat memberi abab-aba kepada pemainnya, kala Meksiko melawan Afsel, 11 Juni lalu. Foto: Clive Mason/Getty Images/FIFA.com.

POLOKWANE - Prancis mendapat kritikan tajam ketika di pertandingan pertama Piala Dunia (PD) 2010 Sabtu dini hari kemarin gagal mengalahkan UruguayPadahal di 10 menit terakhir,  Uruguay hanya bermain dengan 10 pemain, karena Nicolas Lodeiro diganjar kartu merah wasit setelah mengantongi kartu kuning kedua di menit ke-81.

Ada yang mengkritik bahwa kegagalan itu disebabkan karena Les Bleus, sebutan timnas Prancis, tidak bisa memainkan skema barunya 4-3-3 dengan bagus

BACA JUGA: Argentina v Korea Selatan: Berburu Tiket

Juga ada yang bilang jika pelatih Raymond Domenech salah memilih pemain.

Dini hari nanti, Prancis akan menghadapi pertandingan keduanya, dengan menghadapi Meksiko di Stadion Peter Mokaba, Polokwane (siaran langsung RCTI pukul 01.30 WIB)
Domenech pasti sudah melakukan evaluasi, setelah timnya gagal mendulang kemenangan di pertandingan perdana.

Akankah dini hari nanti Les Bleus merombak formasi bermain timnya? Inilah yang patut ditunggu

BACA JUGA: Masih Utang Rp 300 Juta

Pasalnya, susunan pemain di laga melawan Uruguay terbukti tidak bisa berbuat banyak.

Tapi, Prancis juga punya pengalaman pahit soal mengubah formasi
Pada Piala Eropa 2008 lalu, Prancis yang di laga pertama turun dengan strategi 4-4-2 hanya bisa bermain seri 0-0 melawan Rumania

BACA JUGA: Lorenzo Menjaga Jarak Aman

Di partai kedua melawan Belanda, Domenech yang mendapat caci-maki, lantas mengubah formasinya menjadi 4-2-3-1Apa yang terjadi? Prancis malah dibantai 1-4 oleh Belanda!

Dalam sesi latihan terakhir kemarin, Domenech tampak mencoba dua sistemPertama dengan mempertahankan skuad saat melawan Uruguay, dengan Yoann Gourcuff sebagai playmaker, Franck Ribery di sisi kiri, Sydney Govou di sebelah kanan, dan Nicolas Anelka tetap menjadi  penyerang tengahSistem kedua adalah dengan menempatkan Florent Malouda di sayap kiri, Ribery menggantikan posisi Gourcuff, dan Govou serta Anelka tetap di posisinya masing-masing.

Florent Malouda yang di partai pertama hanya turun sebagai pengganti di menit ke-75 (menggantikan Gourcuff), mengaku belum tahu dini hari nanti akan dimainkan atau tidak"Sampai saat ini tidak ada kepastianPelatih belum membuat keputusan apapun," kata Malouda, seperti dilansir Associated PressJika pun ada pergantian pemain, sepertinya Anelka akan dibangkucadangkan oleh DomenechPemain depan Chelsea itu terlihat kebingungan dengan perannya di partai pertama.

Pemain belakang  Eric Abidal menyatakan, timnya mendapat banyak peluang ketika melawan Uruguay"Semoga itu kembali terjadi saat menghadapi Meksiko, dan kami berhasil mengalahkan mereka," cetusnya.

Menurut Abidal, Meksiko memiliki penyerang-penyerang berbahayaMereka masih muda dan punya kecepatan di atas rata-rata, seperti Carlos Vela dan Giovani Dos Santos"Meksiko punya banyak potensi di lini depanTapi begitu juga kamiMelawan Meksiko, kami pasti akan berhadapan dengan banyak penyerang topJadi kami harus bersiap dengan bagusSaat menghadapi Afsel, kami melihat Meksiko sering melakukan serangan balik dan melakukan serangan dari sektor dalam," beber Abidal.

Sementara itu, Javier Aguirre sepertinya akan mempertahankan formasi yang diturunkannya saat menahan seri 1-1 tuan rumah AfselDi lini depan, Aguirre tetap akan memainkan penyerang gaek klub West Ham United, Guillermo Franco, yang akan di-support oleh dua penyerang muda, Carlos Vela dan Dos Santos.

"Formasi itu yang membawa kami sampai di sini, dan kami tidak akan mengubahnya," ujar Aguirre"Kami memang punya banyak celah di lini belakangTapi kami akan tetap turun dengan formasi ini," sambungnya.

Sementara itu, pencetak gol ke gawang Afsel, Rafael Marquez, yang cedera betis saat melawan Afsel, mengaku sudah pulih dan siap main"Sekarang saya baik-baik saja dan 100 persen fitSaya punya masalah dengan betis, dan sempat berpikir tidak bisa main melawan AfselTapi saya bisa pulih dalam beberapa hari," kata Marquez.

Marquez yang akan menghadapi rekan-rekannya di FC Barcelona, Thierry Henry dan Abidal, yakin bahwa Prancis akan mencari pelampiasan setelah tampil kurang bagus di partai pertama"Mereka sangat tangguh dalam menyerang dan bertahan, meskipun penyerangan mereka saat ini tidak seperti yang kami lihat sebelumnyaTapi Prancis punnya sederet pemain hebat yang bisa membuat perubahan setiap saat," bebernya(ali)

Perkiraan Pemain

Prancis (4-3-3): 1-Hugo Lloris, 2-Bacary Sagna, 5-William Gallas, 3-Eric Abidal, 13-Patrice Evra, 7-Franck Ribery, 14-Jeremy Toulalan, 19-Abou Diaby, 10-Sidney Govou, 21-Nicolas Anelka, 15-Florent Malouda
Pelatih: Raymond Domenech 

Meksiko (4-3-3): 1-Oscar Perez, 12-Paul Aguilar, 5-Ricardo Osorio, 2-Francisco Rodriguez, 3-Carlos Salcido, 16-Efrain Juarez, 4-Rafael Marquez, 6-Gerardo Torrado, 17-Giovani Dos Santos, 14-Javier Hernandez, 11-Carlos Vela
Pelatih: Javier Aguirre

Wasit:  Khalil Al Ghamdi ( Arab Saudi)
Stadion: Peter Mokaba Stadium, Polokwane

Di atas kertas
Kedua tim sama-sama gagal meraih kemenangan di partai pertama Piala Dunia 2010Kedua tim sudah enam kali bertemu, dan Prancis tak pernah kalah dari Meksiko (menang 5 kali dan seri sekali)Dari pertemuan itu, total Prancis mencetak 15 gol dan hanya kebobolan empat gol.

Bursa Asian Handicap
0 : 1/2

Hasil lima pertandingan terakhir
Prancis
11/06/10 v Uruguay (away)                0-0
04/06/10 v Tiongkok (home)             0-1
30/05/10 v Tunisia (away)                  1-1
26/05/10 v Kosta Rika (home)          2-1
03/05/10 v Spanyol (home)               0-2
Meksiko
11/06/10 v Afsel ( away)                     1-1
03/06/10 v Italia (away)                      1-2
26/05/10 v Belanda (away)               2-1
24/05/10 v Inggris (away)                  3-1
04/03/10 v Selandia Baru (home)   2-0

BACA ARTIKEL LAINNYA... Madness Bersama Bintang-bintang NBL


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler