Prediksi Cagub Jabar Ada Delapan

Senin, 28 November 2011 – 09:14 WIB

BANDUNG - Pembicaraan mengenai pemilukada Jabar 2013 mulai menghangatKomisi Pemilihan Umun (KPU) Jabar pun mulai ancang-ancang menyiapkan anggaran untuk pagelaran demokrasi tingkat lokal itu.

Ketua KPU Jabar, Ferry Kurnia Rizkiyansyah memprediksi ada sekitar delapan calon akan maju menuju Jabar 1 itu

BACA JUGA: Pemilihan Capim KPK Sarat Intrik Politik

Dari delapan calon itu, sekitar 3 calon kemungkinan dari perseorangan atau independen
Sementara sisanya dari parpol atau gabungan parpol

BACA JUGA: Menanti Pemberantas Korupsi Pilihan Politisi



"Itu baru prediksi kasar
Prediksi itu kita gunakan saat membuat ajuan anggaran ke Pemprov Jabar," kata Ferry kepada Bandung Ekspres, di Gedung ICMI Jabar, Jalan Cikutra, Minggu (27/11).

Ferry beralasan, melakukan prediksi sejak awal untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan anggaran

BACA JUGA: Pengamat Sebut Djoko Bakal Terus Diberi Panggung

Jika tidak diantisipasi, dia khawatir akan mengganggu jalannya pilgub.
"Lebih baik diprediksi ada banyak calon yang mendaftar, sehingga ada anggarannyaDaripada kita tidak antisipasi ternyata petugas KPU di lapangan harus kerja keras karena ada banyak calon yang harus diverifikasi," kata Ferry menegaskan.

Selain itu, dia mengungkap, persyaratan untuk menjadi calon independen cukup ketatUntuk dapat mencalonkan diri, pasangan bakal calon minimal harus mengantongi dukungan hingga 1,3 juta penduduk Jabar.

Ferry mengatakan, sesuai UU pemilu, pasangan calon independen ketika ingin mendaftar harus mendapat dukungan minimal 3 persen dari total penduduk“Jika jumlah penduduk Jabar mencapai 45 juta jiwa, maka mereka harus mendapat dukungan dari 1,35 juta penduduk,” urai dia

Dipaparkan, dukungan awal itu harus dibuktikan dengan fotokopi KTP"Nantinya KPU akan melakukan verifikasi apakah dukungan tersebut benar untuk si calon," jelas Ferry.

Dia menyebut, ada beberapa tahapan verifikasi yang akan dilakukanPertama mengecek apakah jumlah fotokopi KTP yang diajukan sesuai jumlah minimalJika itu terpenuhi, pihaknya akan melakukan verifikasi administrasi terhadap fotokopi KTP tersebut"Kita akan sortir, dari seluruh fotokopi itu apakah ada yang ganda atau tidak," kata dia.

Setelah tahap administrasi selesai, KPU melalui PPS akan melakukan verifikasi faktual di lapanganDia menegaskan, semua bukti fotokopi itu akan dicek langsung ke lapangan"Jadi pemeriksaan tidak berdasarkan sampel, tapi head to head, semuanya akan diperiksaApakah benar si A misalnya mendukung pasangan iniKalau ternyata tidak, kita coret lagi," tegas dia.

Meski tampak rumit, namun dia optimistis pihaknya dapat menyelesaikan verifikasi tepat waktu"Sesuai aturan, verifikasi hanya 28 hari, tapi kita optimistis dapat selesai tepat waktu," ujar Ferry.

Sebelumnya diberitakan, politisi PDIP Rieke Dyah Pitaloka juga sudah menyatakan kesiapannya untuk ikut maju sebagai cagub Jabar(uga/sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mahfud Siap Jadi Calon Presiden 2014


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler