Presiden Tegaskan Pentingnya Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Senin, 25 September 2017 – 15:07 WIB
Petani di sawah. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, SALATIGA - Presiden Joko Widodo mengunjungi para petani yang tergabung dalam Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah (SPPQT) di Kantor Pusat SPPQT, Kota Salatiga, Jawa Tengah, Senin (25/9).

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi mengaku senang dapat bertemu dengan para petani yang memiliki peran penting dalam menjaga ketersediaan pangan nasional.

BACA JUGA: Pak Jokowi, Please Beri Klarifikasi soal 5.000 Senpi

Karena itu, Jokowi menyampaikan bahwa kesejahteraan petani merupakan salah satu hal utama yang menjadi perhatian pemerintah.

Bahkan saat ini sedang dihimpun para petani ke dalam kelompok besar, sehingga dapat memiliki nilai tambah dan lebih efisien dalam bekerja.

BACA JUGA: Presiden Jokowi: Pelihara Kambing Banyak Semakin Mudah

"Petani itu akan meningkat kesejahteraannya kalau tidak hanya berkutat di sisi produksi saja. Sebetulnya keuntungan terbesar dari pertanian itu berada pada proses bisnisnya, proses agrobisnisnya," ujar Jokowi.

SPPQT sendiri dalam operasinya sudah mengarah pada pengelompokan petani sebagaimana yang dimaksud oleh Presiden.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Diam-diam Belajar jadi Peternak

Untuk memajukan kesejahteraan para petani lokal, SPPQT di antaranya melakukan sebuah program yang mereka sebut dengan 'jemaah produksi'.

Program tersebut dilakukan dengan mengaryakan sumber daya manusia di sekitarnya untuk dapat meningkatkan produktivitas pertanian lokal. Program itu dapat terselenggara dengan asistensi dari Kementerian Tenaga Kerja.

Kelompok besar para petani tersebut nantinya diharapkan dapat membuat para petani yang berada di bawahnya menjadi lebih mandiri.

Segala kebutuhan yang terkait dengan pertanian dapat dipenuhi dan diproduksi sendiri oleh kelompok besar itu.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana, antara lain Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Ketua Dewan Pertimbangan SPPQT Bahruddin. (fat/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Asuransi Tanaman Padi Bikin Para Petani Happy


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler