PT KAI Siapkan 6 Kereta Api Tambahan buat Mudik dan Balik

Minggu, 03 Juli 2016 – 18:25 WIB
Pemudik tampak bersiap menggunakan jasa kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - PT KAI telah menyiapkan enam kereta api tambahan yang akan beroperasional di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2016.

Enam kereta tambahan ini disediakan bagi penumpang sejak H-12 lebaran (24 Juni 2016) hingga H+10 (17 Juli 2016). "Kami tambah enam kereta api untuk penumpang mulai dari H-12 hingga H+10 lebaran," ujar Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Bambang S Prayitno di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (3/7).

BACA JUGA: Sejumlah Titik Api di Pekanbaru Berhasil Dipadamkan

Adapun kereta tambahan yang dipersiapkan yakni KA Kutojaya Utara Lebaran (Pasar Senen-Kutoarjo), Tawang Jaya Tambahan (Pasar Senen-Semarang Poncol), Kertajaya Tambahan (Pasar Senen-Surabaya Pasarturi), Kutojaya Utara Tambahan (Pasar Senen-Kutoarjo), Matarmaja Lebaran (Pasar Senen- Malang), Mantab Lebaran (Pasar Senen-Madiun).

"Untuk Tawang Jaya Tambahan (Pasar Senen-Semarang Poncol) dan Kertajaya Tambahan (Pasar Senen-Surabaya Pasarturi), kami sediakan gerbong dua kali lipat, yakni 14 gerbong," imbuhnya.

BACA JUGA: Musyawarah, Kunci Penyelesaian Kasus Pencubitan Siswa

Selain penambahan Kereta Api, PT KAI juga, memberikan kapasitas penitipan bagasi yakni maksimal 20 kg. Jika melebihi kapasitas, maka akan dikenakan biaya tambahan setiap kilogramnya. 

Jika terdapat penumpang yang membawa bagasi lebih dari 20 kg, maka akan dikenakan charge sebesar Rp. 10.000 untuk kelas eksekutif, Rp. 6.000 untuk kelas bisnis dan Rp. 2.000 untuk kelas ekonomi. (zul/rmol/jpnn)

BACA JUGA: Gawat! 288 Titik Api Muncul di Sumatera dan Kalimantan

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Pemudik Tumbang, Tak Sadarkan Diri di Pelabuhan Bakauheni


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler