Puan Ajak Parlemen Dunia Berkontribusi Menyelesaikan Krisis Global

Rabu, 05 Oktober 2022 – 18:34 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut pihaknya berkomitmen penuh untuk menyukseskan kontribusi parlemen dalam menyelesaikan berbagai krisis global. 

Puan menyampaikan itu dalam Pertemuan Parliamentary Forum in the Context of the G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20) di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/10).

BACA JUGA: Puan Maharani Dorong Parlemen Dunia Atasi Dampak Gejolak Ekonomi Global

"Termasuk upaya pemulihan pandemi Covid-19 yang inklusif dan berkelanjutan,” ujar eks Menko PMK itu saat menyampaikan sambutan, Rabu. 

Puan melanjutkan bahwa saat ini berbagai negara di dunia sedang melakukan upaya pemulihan sosial dan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19.

BACA JUGA: SiCepat Rangkul Ribuan UMKM Menuju Ekosistem Digital G20

Upaya pemulihan itu menempatkan situasi perekonomian domestik membutuhkan respons kebijakan fiskal dan moneter yang tepat agar kualitas kesejahteraan rakyat tidak menurun.

"Kita juga masih memiliki sejumlah agenda global dalam menuntaskan pembangunan berkelanjutan, yaitu antara lain hal-hal yang berkaitan dangan climate change, lingkungan hidup, ekonomi hijau, ketahanan pangan dan energi, serta kesetaraan gender," lanjut Puan. 

BACA JUGA: HUT Ke-77 TNI, Mbak Puan Ingatkan Kewajiban dan Hak Prajurit

Namun, menurut cucu Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno itu, upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi berbenturan dengan gejolak global. 

Oleh karena itu, Puan menambahkan agenda pemulihan ekonomi hingga pembangunan berkelanjutan membutuhkan respons negara-negara dunia.

“Kehadiran kita dalam pertemuan P20 adalah untuk dapat membangun komitmen kerja bersama dalam merespons gejolak dan tantangan global tersebut,” lanjut dia. 

Menurut Puan, kekuatan parlemen dalam mewakili suara rakyat memberikan legitimasi atas upaya pemerintah di negara masing-masing dalam menjalankan kebijakan yang berpihak ke rakyat. 

Dia pun mengajak parlemen dunia, khususnya negara-negara G20 untuk bersama-sama bisa mengatasi gejolak global agar pemulihan ekonomi rakyat dunia bisa berjalan mulus. 

“Legitimasi parlemen tersebut akan diarahkan untuk menyelamatkan kehidupan masyarakat global yang lebih baik, dengan hidup sejahtera, tentram dan memiliki bumi yang berkelanjutan,” ungkap Puan. (ast/jpnn) 

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... G20 Empower Dukung Perempuan Pelaku Usaha Lewat Pertemuan Sherpa


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler