Puluhan Perusahaan Raih Indonesia CSR Excellence Award 2022

Kamis, 10 Maret 2022 – 23:46 WIB
Puluhan pemimpin perusahaan hadir menerima penghargaan karena meraih “Indonesia CSR Excellence Award 2022” di Jakarta, Rabu (9/3). Foto: Panitia ICEA 2022

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah perusahaan mendapatkan penghargaan karena sangat baik dalam menjalankan program Corporate Social Responsibelity (CSR).

Kegiatan bernama “Indonesia CSR Excellence Award 2022” itu berlangsung di Jakarta, Rabu (9/3).

BACA JUGA: Bea Cukai Tingkatkan Pelayanan terhadap Perusahaan di Tiga Daerah Ini

Ketua Penyelenggara acara ini, Maya mengatakan ajang ini merupakan kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan (award) tahunan kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasional di Indonesia.

Menurut Maya, perusahaan yang meraih penghargaan adalah mereka yang dinilai telah menjalankan program Corporate Social Responsibelity (CSR)/Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)/Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)/Community Development terbaik.  

BACA JUGA: Perusahaan Sebaiknya Ditutup Saja Jika Tak Mempunyai Program CRS

Penilaian CSR didasarkan pada keterkaitan CSR terhadap 3 hal, yaitu ISO 26000, SDG’s, dan Praktik Good Corporate Governance (GCG).

Tujuannya adalah untuk memetakan persoalan dan tantangan yang dihadapi melalui leadership yang tepat dan komunikasi organisasi dengan persepsi menyiapkan sistem terbaru untuk inovasi kontribusi sosial yang bermanfaat sebagai bentuk pengembangan jangka pendek dan jangka menengah.

BACA JUGA: Stereotip Masih Jadi Hambatan Perempuan Memimpin Perusahaan

Hal lain yang mendapat perhatian adalah aspek edukasi yang nantinya dapat diterapkan pada aplikasi teknologi digital secara konsisten dan konsekuen yang dapat membantu membangun citra positif perusahaan sejalan dengan Presidency G20 dengan Tema “Recover Together, Recover Stronger”.

Tema yang diangkat dalam kegiatan ICEA 2022 ini adalah “CSR Program to Encourage Transformation Towards to Digital Society in the development of economic and environmental growth as well as a sustainable MSME sector in the pandemic era”.

“Artinya, kita mengharapkan dengan program CSR kedepan dapat Mendorong Transformasi Menuju Masyarakat Digital pada pengembangan pertumbuhan ekonomi dan lingkungan serta sektor UMKM yang berkelanjutan di era pandemi,” kata Maya.

Maya juga mengharapkan munculnya perusahaan-perusahaan hebat di Indonesia, memiliki program unggulan yang inovatif dan berkelanjutan dengan menerapkan prinsip-prinsip ISO 26000, SDGs,GCG.

ICEA 2022 diikuti oleh lebih dari 200 perusahaan BUMN, BUMD, perusahaan swasta nasional maupun multinasional.

Kemudian diseleksi menjadi 100 perusahaan finalis. Dan setelah melewati proses penilaian termasuk penilaian melalui wawancara penjurian, dewan juri menetapkan 40 perusahaan penerima penghargaan ICEA 2022. 

Lebih lanjut, Maya mengatakan yang menjadikan acara ini berbeda dengan acara award lainnya adalah Dewan Juri ICEA 2022 banyak berasal dari kalangan Akademisi.

Dengan demikian, banyak ide serta masukan membangun dengan tujuan menjadikan perusahaan peserta menjadi perusahaan terbaik dalam tata kelola perusahaan yang baik, Good Corporate Governance (GCG).

Selain itu, perusahaan dalam mengelola Kepedulian Sosial perusahaan yang disebut dengan corporate sosial responsibility (CSR) dalam memberikan kontribusi terbaiknya dalam melakukan proses bisnisnya selalu bergandengan dengan beberapa stakeholder. Juga turut memberikan kontribusi terbesarnya dalam membangun Pembangunan perekonomian, sosial dan lingkungan hidupnya di sekitar wilayah kerjanya.

Menurut Maya, banyak hal yang dapat dicermati dalam membangun CSR ini bagi perusahaan, ada yang menyebutnya dengan Tangung Jawab Sosial dan Lingkungan hidup (TJLS) serta ada pula yang menyebutnya dengan Communty Development (COMDEV).

Acuan Bagi Perusahaan

Maya mengatakan bagaimana perusahaan dalam penerapan CSR menjadi acuan bagi perusahaan. Hal itu menjadi sebuah pedoman bagi perusahaan untuk dapat memberikan “pencerahan” dan pengembangan masyarakat yang lebih luas.

“Jadi, CSR tersebut tidak hanya sebatas memberikan dalam bentuk bantuan semata. Akan tetapi jika mengacu kepada ISO 26000 SR ini akan lebih luas sekali maknanya,” ujar Maya.

Lantas ada acuannya kepada Suitanable Development Goals (SDGs) yang mangacu dalam beberapa aspek, ada 17 aspek SDGs tersebut.

“Tentunya seluruh dampak dari aktivitas seluruh bisnis, akan memiliki dampak yang sangat besar dalam stuktur di masyarakat, baik itu perubahan bentang alam, perubahan sosial kemasyarakatan serta pula budaya masyarakat,” ujar Maya.

Bagi perusahaan yang telah menerapkan Creating Shared Value (CSV) di seluruh operasionalnya, dan CSR tersebut sudah menjadi “kewajiban dan mutlak” diterapkan dalam seluruh operasional bisnisnya.

Berbagai hal yang bisa disinergikan dengan masayarakat sekitar dalam tumbuh dan berkembang dalam membangun bersama perekonomian masyarakat sekitar di wilayah operasionalnya.

Melalui kegiatan ini, ada beberapa perusahaan yang meraih penghargaaan terbaik di antaranya PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Taspen (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, dan PT Food Station.

Sejumlah perusahaan yang juga turut mendapat penghargaan antara lain PT Len Industri (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT INKA (Persero), PT Smartfren Telecom Tbk, PT Phapros Tbk, PT Modernland Realty Tbk, PT ABM Investama Tbk, PT Kimia Farma Tbk, PT Astra Internasional Tbk, PT Astra Tol Nusantara.

Selain itu, PT Pelindo Terminal Petikemas, PT Energi Pelabuhan Indonesia, PT Pelabuhan Tanjung Priok, KSO TPK Koja, PT Nusantara Regas, PT Sharp Electronics Indonesia.

Kemudian PT Gajah Tunggal Tbk, Pertamina Foundation, PDAM Tirta Lawu Karanganyar, PT Bank Pembangunan Daerah Bali, PT BPD Kaltim Kaltara, PT IPC Terminal Petikemas, PT Pelindo Marine Service, PT PJB UBJ O&M PLTU Indramayu.

Selanjutnya, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VI Balongan, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU II Dumai, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU II Sungai Pakning.

Kemudian, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU III Plaju, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VII Kasim, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU V Balikpapan, PT Indosat Tbk serta PT Victory Chingluh Indonesia.

Perusahaan-perusahaan tersebut telah sukses membangun penilaian dalam rating CSR serta berhasil pula membangun CSR yang bermanfaat secara absolut bagi lingkungan perusahaaan dan masyarakat.

Dalam acara puncak Award ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan acara Indonesia CSR Excellence Award (ICEA) 2022 ini sejalan dengan pelaksanaan kegiatan lingkungan hidup dan kehutanan, khususnya dalam pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Acara ICEA 2022 ini juga sejalan dengan program Proper yang dilaksanakan KLHK pada setiap tahunnya.

KLHK juga turut serta mendukung pelaksanaan acara ICEA 2022 ini untuk saling menguatkan. Tentunya merupakan suatu kebangaan bagi perusahaan-perusahaan yang telah berhasil membangun CSR-nya yang berkelanjutan serta membangun masyarakat dengan kemandiriannya pada bidang Planet, People and Profit (3P).

Sosialisasi juga dilakukan oleh Koordinator TJSL Kementerian BUMN serta Executive Talks sehingga dapat menjadi nilai tambah lainnya dan motivasi kepada semua peserta ICEA 2022 untuk terus melakukan kegiatan CSR yang inovatif.

Hal ini memberikan dampak yang luas bagi masyarakat di sekitar wilayah perusahaan peserta.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler