Puluhan Ribu Kendaraan Melintas di Batang

Didominasi Sepeda Motor

Senin, 06 September 2010 – 04:02 WIB

BATANG - Memasuki musim libur sekolah menjelang lebaran yang akan dimulai hari ini, Senin (6/9), membuat eskalasi kendaraan yang melintas di Jalur Pantura semakin banyakDari H-7 hingga H-5 (Jumat - Minggu, 3-5/9), jumlah kendaraan pemudik yang melintas di Jalur Pantura Kabupaten Batang telah mencapai puluhan ribu.

Dari jumlah tersebut masih didominasi oleh kendaraan pribadi berupa sepeda motor dan mobil

BACA JUGA: Jalur Alternatif Belum Beres

Bahkan bisa dikatakan jumlah sepeda motor pemudik yang melintas mencapai 45%
Sementara sisanya berupa kendaraan penumpang seperti bus maupun travel.

Pada H-7 sampai H-5 truk juga masih memadati Jalur Pantura, guna mengejar waktu tenggat

BACA JUGA: Angkutan Lebaran Dilarang Naikkan Tarif

Mengingat terhitung mulai H-4 hari ini, truk-truk tidak lagi diperbolehkan melintas di Jalur Pantura, terkecuali truk yang mengangkut sembako, BBM dan benda pos.

Pos Pam Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) mencatat, dalam satu jam setidaknya melintas antara 2 ribu hingga 3 ribu kendaraan ke arah Semarang
"H-7 ke Semarang mencapai 21.617 kendaraan, dimana sepeda motor mencapai 48,08 persen dan mobil 27,08 persen

BACA JUGA: Lebaran, Wisatawan ke Batu Bisa Tembus 50 Ribu

Sementara pada H-6 terjadi kenaikan 42,41persen mencapai 37.534 kendaraan," jelas Agil, staf Pengendalian Operasional Dishubkominfo.

Tingginya jumlah kendaraan di Jalur Pantura sendiri terjadi pada H-6 dan H-5, yang merupakan akhir pekanDimana banyak orang tua yang sengaja meliburkan anaknya mulai hari Sabtu tersebutJuga beberapa pemudik yang berprofesi sebagai wiraswasta, yang memilih libur sejak awal.

Seperti dituturkan Sudiro, pemudik asal Bojonegoro Jawa TimurDi bersama istri dan seorang anaknya memilih melakukan perjalanan mudik mulai Sabtu, meski anaknya tinggal satu hari lagi masuk sekolah"Saya pilih jauh-jauh hari biar di rumah nanti istirahatnya lamaMeski harus mengorbankan satu hari sekolah anak," tuturnya, saat istirahat di pos Pucungkerep.

Dari pantauan Radar Pekalongan (grup JPNN) di sepanjang Jalur Pantura dari arah barat ke timur, tidak mudah menemukan kelonggaran jalur untuk menyebrangHanya pada siang hari sekitar pukul 12.00 sampai 13.00 WIB, arus sedikit longgarKarena banyak pemudik yang beristirahat untuk mengisi perut.

Kepala Pospam IV Polres Batang, Iptu Suhadi mengakui bahwa pada akhir pekan ini jumlah kendaraan pemudik mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding H-7"Peningkatan juga akan terjadi pada H-3 dan H-2 nanti, yang bertepatan dengan libur pegawai," jelas Iptu Suhadi di Pospam Luwes(ton)

BACA ARTIKEL LAINNYA... HTI Tentang Keras Rencana Pembakaran Al-quran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler