Puncak Perayaan Imlek, 80 Ribu Warga Tionghoa Bakal Serbu Pulau Kemaro

Kamis, 18 Februari 2016 – 03:30 WIB
Pulau Kemaro. Foto: Infopalembang.id

jpnn.com - PALEMBANG - Promosi wisata dengan tema Imlek dan Cap Go Meh 2016 yang digeber Kementerian Pariwisata rupanya ampuh menjaring wisatawan. 

Daerah-daerah yang memiliki keterkaitan budaya Tionghoa diserbu puluhan ribu orang. Salah satunya, Pulau Kemaro di Sumatera Selatan. 

BACA JUGA: Astaga! Istri Hamil Enam Bulan Dianiaya Suami yang Suka Selingkuh

"Kalau soal atraksi, saya tidak pernah meragukan potensi yang kita miliki," kata Menpar Arief Yahya.

Mantan Dirut PT Telkom ini selalu menggunakan rumus 3A untuk melihat sebuah objek wisata itu sudah layak dipromosikan atau belum. Ke-3A itu adalah Atraksi, Akses dan Amenitas. Atraksi itu sendiri terdiri dari keindahan alam, budaya dan kreasi manusia. 

BACA JUGA: Resmi Dilantik, Bupati Banyuwangi Setel Kenceng

"Apa yang ada di Palembang, dari kuliner, historis, sampai menemukan suasana nyaman di tepian Musi, itu sudah atraksi tersendiri," jelas Arief Yahya.

Sedangkan Akses, lanjut dia, adalah infrastruktur dan transportasi, terutama akses udara. Palembang mulai terbuka jalur penerbangan ke banyak kota, termasuk Singapura. 

BACA JUGA: ‎Warga Tolak Nama Bandara Silangit Diganti

A yang ketiga, Amenitas, terkait dengan fasilitas seperti hotel, restoran, termasuk kebersihan. "Jaga, rawat dan kembangkan, itu akan menentukan atmosfer pariwisata di sana," pesannya.

Puncak perayaan Cap Go Meh sendiri akan digelar di Pulau Kemaro, Sumatera Selatan, 18-23 Februari nanti diprediksi bakal heboh. Diperkirakan, akan ada 80 ribu umat Tridharma Palembang dan mancanegara akan memadati Pulau Kemaro, tempat perayaan.

Dari data Kementerian Pariwisata, hingga Selasa (16/2), diperkirakan sudah lebih dari 10 ribu warga keturunan Tionghoa mendatangi tempat peribadatan yang telah berdiri sejak tahun 1957 itu. 

Para pengunjung adalah masyarakat yang berasal dari dalam maupun luar Kota Palembang. Selain itu, ada juga wisatawan asal Tiongkok, Malaysia, Singapura dan Hongkong. 

"Biasanya pengunjung semakin ramai berdatangan hingga jelang perayaan Cap Go Meh. Jumlahnya bisa mencapai 80 ribu orang. Ini kan potensi besar," ungkap Menpar Arief Yahya.(dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ssstt...Honorer Digaji Harian


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler