Puntung Rokok Bermanfaat untuk Cegah Karat

Jumat, 14 Mei 2010 – 16:04 WIB
Foto : Blastmagazine.Com
BEIJING - Ilmuwan China mengklaim telah menemukan manfaat puntung rokokRatusan ribu bahkan jutaan puntung rokok yang banyak berserak di jalanan maupun tempat publik lainnya, bisa digunakan lagi untuk melindungi baja dari karat.

Selama ini, ceceran puntung rokok menjadi sampah yang berbahaya karena cairan kimia di dalamnya dapat merusak lingkungan, bahkan mematikan bagi ikan-ikan

BACA JUGA: Kesadaran Menurun, Kepala Putra Dibedah Lagi

Namun kini, persoalan tentang puntung rokok itu terpecahkan karena ternyata ada manfaatnya.

Ilmuwan dari Xi"an Jiaotong University, Dr Jun Zhao, menyatakan bahwa saat orang-orang berjalan di jalanan, biasanya melihat puntung rokok berceceran
"Saya merasa ini cukup signifikan untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan perlindungan lingkungan," ujarnya seperti dikutip Associated Press, Jumat (14/5).

Alhasil, sebuah studi pun dilakukan di China, di mana 30 persen penghisap rokok dunia ada di negeri komunis itu

BACA JUGA: Liver Baru Putra Sudah Bisa Produksi Albumin

Jumlah perokok di China hampir sepadan dengan jumlah total penduduk Amerika Serikat
Selain itu, China memang pasar tujuan bagi produsen rokok.

Menurut Zhao dan peneliti lainnya, puntung rokok yang terendam air ternyata dapat melindungi pipa-pipa baja di industri perminyakan dari korosi

BACA JUGA: Ada Perdarahan Lagi di Otak Kiri Putra

Penemuan itu juga telah dipublikasikan di American Chemical Society journal Industrial & Engineering Chemistry Research.

Zhao mengatakan, dirinya memulai penelitian itu setelah menyadari bahwa puntung rokok berubah warnanya menjadi kecoklatan ketika terendam air, mirip warna antiseptik"Ini menjadi inspirasi bagi saya untuk bertanya apakah ada keterkaitan antara keduanya," sebutnya.

Selanjutnya para peneliti pun mulai mengumpulkan puntung rokok untuk sebuah proyek penelitian sejak 18 bulan laluPara peneliti pun menemukan bahwa larutan ekstrak dari puntung rokok dapat melindungi baja type N80 dari karat akibat larutan asam klorida pada suhu 90 drajat celsius.

Baja type N80 adalah baja yang biasa digunakan untuk pemboran di pertambangan minyakProdusen minyak biasanya harus menanggung biaya hingga jutaan dolar AS per tahun akibat karat pada alat bor itu.

Namun dari penelitian Zhao dan kawan-kawannya, material senyawa yang dihasilkan dari pembakaran nikotin dan tar itu lah yang melindungi baja dari karatZhao menambahkan, pihaknya akan mencoba apakah selain pada baja, senyawa itu juga bisa digunakan untuk mencegah logam lainnya dari karat

Guy D Davis, seorang konsultan kimia di Baltimore, Maryland yang telah bergelut selama 30 tahun dalam hal penelitian tentang kegunaan tembakau ekstrak bagi baja dan almunium, menyebut penemuan itu sebagai hal yang sangat meyakinkan"Tembakau sepertinya merupakan tumbuhan terbaik penghambat korosi," ujarnya.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dokter Buka Jahitan Luka Transplantasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler