Pupuk Rasa Cinta Tanah Air, PDIP Gelar Lomba Pidato Ala Bung Karno

Minggu, 20 Agustus 2017 – 20:46 WIB
Lomba pidato ala Bung Karno yang digelar PDI Perjuangan. Foto: Ist for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah pelajar tingkat SMP dan SMA se-Jabodetabek mengikuti lomba paduan suara dan pidato ala Presiden Soekarno di Gedung Djoeang, Jakarta Pusat, Minggu (20/8).‎

Kegiatan tersebut, menurut Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, bertujuan untuk memupuk rasa cinta tanah air dan NKRI sejak dini.

BACA JUGA: Ingat, Kader dan Calon Kada PDIP Wajib Menghidupi Prinsip Ini

"Jangan dilihat lomba dan kompetisinya, tapi melihat anak-anak ini bagaimana semangat menyuarakan patriotisme dan nasionalisme melalui lagu. Mengingat perjuangan kemerdekaan Indonesia tak hanya diperjuangkan dengan senjata, tapi dengan kebudayaan. Ada ekspresi lagu untuk menggelorakan cinta tanah air," kata Hasto di lokasi.‎

Menurutnya, menyanyikan lagu dan membacakan pidato-pidato Bung Karno, merupakan salah satu ekspresi yang dapat meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air.

BACA JUGA: Hasto Dorong Menteri Asal PDIP Tak Ragu Sikat Ormas Anti-Pancasila

"Ini sebagai ekspresi cinta tanah air. DPP memberikan apresiasi. Mudah-mudahan dijadikan tradisi rutin di kalangan anak muda," kata Hasto.

Lebih lanjut Hasto mengusulkan agar berpidato menjadi salah satu komponen yang masuk dalam kurikulum pendidikan. Di tengah tingginya pengaruh budaya asing, anak muda Indonesia juga harus bangga menunjukkan rasa cinta tanah air.

"Ya harus. Ini adalah bentuk kebudayaan Indonesia. Apalagi ada gempuran asing. Dan ini bentuk ekspresi cinta tanah air. Lihat Korea sejak anak-anak SD diajar untuk bisa mengalahkan Jepang. Ini kan kompetitif," kata Hasto.‎

BACA JUGA: Pilgub Jawa Timur, PDI Perjuangan Dorong Calon Usulan NU

Wakil Ketua Panitia Pelaksana Acara‎ Peringatan HUT RI ke-72 DPP PDI Perjuangan Gembong Warsono mengatakan, acara ini merupakan rangkaian dari acara-acara sebelumnya.

"Minggu lalu kita adakan lomba Paskibraka di lapangan Banteng serta ‎berbagai pertunjukkan seni lainnya. Kali ini, loba pidato dan paduan suara," ujarnya di lokasi.

‎Lalu, lanjut Gembong, pada Kamis (17/8) kemarin, DPP PDI Perjuangan juga merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan menggelar upacara bendera serta serangkaian acara pesta rakyat yang diisi penampilan tari tradisional di Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Kemarin ada juga lomba-lomba agustusan untuk rakyat. Pak SekJen bahkan sempat ikut partisipasi dalam lomba," kata dia.

Salah satu Anggota DPRD DKI ini mengatakan, acara ini tak sekedar memberikan nilai positif terhadap generasi muda dalam berkarya. Namun, bertujuan untuk menghargai jasa para pahlawan pendiri Indonesia.

"Kita melihat bahwa hanya dengan api perjuangan serta rasa cinta kepada tanah air, maka bangsa ini bisa berdiri tegak mengatasi masalah-masalah yang dihadapi," kata dia.

Dirinya berharap, tahun depan seluruh siswa SMA tingkat Nasional dapat berpartisipasi dalam lomba berikutnya.

"Tahun depan rencananya ada juga (lomba pidato) dan kita harapkan tingkatnya nasional," kata dia. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sudirman Said Mau Maju di Pilgub Jateng? Begini Respons Sekjen PDIP


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler