Putusan Komdis Tak Langsung Diimplementasikan

Jumat, 21 Februari 2014 – 07:14 WIB

JAKARTA - Komisi Disiplin (Komdis) PSSI akhirnya mengumumkan keputusan dari hasil sidang Komdis kemarin (20/2). Dari tujuh keputusan sanksi itu, sanksi kepada tiga pemain Persipura Jayapura, ternyata tak langsung dijalankan.
       
Ruben Sanadi yang disanksi larangan bermain satu pertandingan serta Gerald Pangkali dan Ian Louis Kabes disanksi dua pertandingan, sejatinya sanksinya berlaku sejak 19 Februari lalu.

Namun, pada laga Persipura kontra Persiba Balikpapan, kemarin (20/2), ketiganya tetap diturunkan.
       
Saat dikonfirmasi, pengurus pealtih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago mengaku tidak tahu dengan adanya putusan itu.
       
"Saya tidak tahu, kalau ada putusan itu. mungkin manajemen lebih tahu. Tapi, saya dukung putusan tegas Komdis," katanya, kemarin.
       
Bagi Jacksen, keputusan itu tentu merugikannya karena mereka adalah pemain-pemain yang selama ini menjadi pilihan utamanya.
       
"Tapi, kalau itu demi sepak bola yang lebih bersih saya mendukung. Bagus sekali kalau musim ini ada ketegasan seperti itu. harapanku, Komdis tetap pegang teguh ketegasan ini sampai akhir musim," ujar pelatih asal Brazil tersebut.
       
Sekretaris tim Persipura Thamrin Sagalla juga terkejut dengan adanya sanksi itu. Meski sudah terbit putusan pada siding 19 Februari, sampai 20 Februari pagi, tak ada pemberitahuan, baik via email maupun fax.
       
"Harusnya kami dapat informasi, kan sekarang mudah. Tapi, untuk larangan itu, kami akan banding," ucap dia.
       
Sementara itu, Ketua Komdis Hinca Panjaitan saat dikonfirmasi perihal putusan yang tak dijalankan oleh pemain Persipura itu, dia menyebut implementasinya tak langsung hari ini.
       
"Putusan kemarin (Rabu (19/2), Red), tentu tak mungkin diimplementasikan hari ini (kemarin (20/2), red)," katanya melalui pesan singkat.
       
Hinca melanjutkan, bahwa sejatinya eksekusinya keputusan tersebut tidak langsung di Komdis. Justru, Komdis menyerahkan ke PT Liga Indonesia (LI) sebagai operator kompetisi. Karena itu, Komdis tidak menyebutkan pertandingan apa yang dilarang.
       
"Hukumannya diserahkan langsung ke liga. Implementasinya di pertandingan terdekat, setidaknya tujuh hari ke depan," tutup Hinca. (aam)
 
Putusan Komdis Menghukum:

BACA JUGA: Kuota Bisa Tambah, Honor Tanda Tanya

-Ruben Sanadi, Pemain Persipura Jayapura melakukan tingkah laku buruk dan tidak patut karena menendang pemain Mitra Kukar Anindito pada pertandingan Mitra Kukar v Persipura pada 11 Februari
Sanksi : larangan bermain satu kali dalam kompetisi ISL 2014 terhitung sejak tanggal 19 Februari dengan hukuman denda Rp. 25 juta yang dibayarkan paling lambat 19 Maret 2014

-Gerald Pangkali (Persipura) melakukan tingkah laku buruk dan tidak patut karena men-tackling dari" belakang pemain Mitra Kukar Raphael Maitimo dan memprotes secara berlebihan terhadap wasit dengan mendorong pada pertandingan Mitra Kukar v Persipura pada 11 Februari lalu.
Sanksi:  larangan bermain dua kali dalam kompetisi ISL 2014 terhitung sejak tanggal 19 Februari 2014 dengan hukuman denda Rp. 25 juta yang dibayarkan paling lambat 19 Maret 2014

BACA JUGA: Percaya Mistis, Pakai Pesawat yang Sama

 -Ian Louis Kabes (Persipura) melakukan tingkah laku buruk dan tidak patut karena memprotes secara berlebihan terhadap wasit dengan cara mendorong pada pertandingan Mitra Kukar v Persipura pada 11 Februari lalu.
Sanksi : larangan bermain dua kali dalam kompetisi ISL 2014 terhitung sejak tanggal 19 Februari dengan hukuman denda Rp. 25 juta yang dibayarkan paling lambat 19 Maret 2014.

-Anindito (Mitra Kukar) melakukan tingkah laku buruk dan tidak patut karena dengan sengaja mengaitkan kakinya terhadap pemain Persipura Ruben Sanadi pada pertandingan Mitra Kukar v Persipura pada 11 Februari lalu.
Sanksi : larangan bermain satu kali dalam kompetisi ISL 2014 terhitung sejak tanggal 19 Februari 2014 dengan hukuman denda Rp. 25 juta yang dibayarkan paling lambat 19 Maret 2014.

BACA JUGA: Izin Laga Persib v Persija Belum Terbit

-Yu Hyun Koo, Semen Padang melakukan tingkahlaku buruk dan tidak patut karena memprotes secara berlebihan terhadap wasit dengan cara mendorong pada pertandingan Persija v Semen Padang pada 8 Februari lalu.
Sanksi : larangan bermain 2 dua kali dalam kompetisi ISL 2014 terhitung sejak tanggal 19 Februari . dengan hukuman denda Rp. 25 juta yang dibayarkan paling lambat 19 Maret 2014
.
-Panitia Pelaksana (panpel) Pertandingan Pelita Bandung Raya (PBR), adanya tindakan suporter yang melakukan tingkah laku buruk dan tidak patut karena menyalakan flare pada pertandingan PBR v Persija pada 17 Februari 2014.
Sanksi:   denda Rp. 50 juta yang dibayarkan paling lambat 19 Maret 2014.

-Panitia Pelaksana (panpel) Pertandingan Persij,  adanya tindakan suporter yang melakukan tingkah laku buruk dan tidak patut karena menyalakan flare pada pertandingan Persija v Semen Padang pada 8 Februari 2014.
Sanksi : denda Rp. 50 juta yang dibayarkan paling lambat 19 Maret 2014.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persib Belum Pastikan Nasib Fahad


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler