Rano Karno Ingatkan Nurani Kemanusiaan Jangan Dikalahkan Syahwat Kekuasaan

Kamis, 24 November 2016 – 12:15 WIB
Rano Karno

jpnn.com - SERANG - Gubernur Banten nonaktif Rano Karno diam-diam mengangkat seorang siswi SMP Mathla'ul Anwar di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, bernama Siti Fadilah sebagai anaknya.

Sekitar delapan bulan yang lalu Siti mengendarai motornya dari rumah menuju sekolah. Siti perlahan menepi menyusuri tikungan dari arah rumahnya di Kampung Nangklak, Desa Jagabaya, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak. Brak!!! Tak diduga. Sekonyong-konyong angkot menyasar motornya hingga Siti terpelanting. Musibah tak terhindar. Apa daya, bencana itu tak bisa ia tepis.

BACA JUGA: Mahasiswa Malaysia Meninggal di Kamar Kos

Peristiwa itu menyisakan luka mendalam. Kedua kakinya patah. Orang tua Siti telah berjuang sekuat tenaga mencari jalan terbaik untuk merawat dan mengobati Siti. Dengan kondisi ekonomi yang serba terbatas, Siti hanya bisa tergolek lesu di kursi roda.

Perlahan kondisinya kian memburuk. Kedua kakinya mengalami pembusukan. Hingga di suatu hari, satu tungkai kakinya terlepas sendiri akibat pembusukan yang terjadi. Kondisi ekonomi yang sulit membuat keluarga hanya merawat Siti di rumah.

BACA JUGA: Besi Terlepas, Khusaini pun Jatuh dari Lantai 14

Siti tak bisa melanjutkan sekolah. Perlahan ia mengubur semua mimpi, cita-cita, dan harapan. Ia menyaksikan sendiri kakinya remuk dan terus membusuk. Sementara satu tungkai kakinya terputus sendiri, kaki lainnya mengalami situasi serupa dengan luka terbuka yang terus merambat.

Hingga tiba di suatu ketika, Tuhan telah mempertemukan Siti Fadilah dengan Rano Karno pada medio Oktober 2016 lalu. Menyaksikan penderitaan Siti dan rasa sakit yang harus dirasakan selama berbulan-bulan, Rano serta merta meminta izin keluarga Siti untuk membawanya ke rumah sakit. Alhasil, kaki kiri Siti diputuskan harus diamputasi. Sementara kaki kanannya mesti ditanam pen.

BACA JUGA: Tenang..Bu Risma Akan Lobi Sendiri Kementerian

Sudah berkali-kali Rano Karno menjenguk ke RSUD Banten tempat Siti dirawat dan memberi motivasi agar Siti bisa bangkit dari situasi terpuruk. Kepercayaan dirinya mulai kembali tumbuh. Harapan yang semula sirna kini bersemi kembali.

Biaya operasi tak lagi menjadi pikiran Siti dan keluarganya. Rano Karno mengambil alih tanggung jawab biaya perawatan selama Siti menjalani operasi di rumah sakit hingga beberapa bulan ke depan Siti menjalani physiotherapy. Termasuk membiayai kehidupan sehari-hari bagi orang tua Siti yang tak bisa bekerja karena ikut menunggu Siti di rumah sakit.

Wahdi, ayah kandung Siti Fadilah, tak henti-hentinya bersyukur kepada Allah. “Dengan keterbatasan kami, alhamdulillah, kami beribu-ribu terimakasih. Kami tidak tahu bagaimana membalasnya.” jelas Wahdi.

Dalam satu kunjungannya ke rumah sakit, di hadapan dokter ortophedi yang menangani Siti, Rano meminta izin pada Wahdi untuk mengangkat Siti sebagai anaknya. Wahdi yang hanya bisa menangis ketika itu tak mampu berkata-kata. Sikap Rano ini mendapat dukungan dari Dewi Indriati, sang istri, dan kedua anaknya, Raka dan Dea.

"Mereka bertiga yang ikut mendorong saya untuk meminta izin pada keluarga Siti agar Siti menjadi bagian dari keluarga besar kami. Saya ingin merawat Siti Fadilah sebagaimana saya telah merawat Raka dan Dea." jelas Rano.

Langkah Rano yang acap menjenguk Siti ke rumah sakit bukannya tanpa risiko. Rano yang membiayai operasi dan biaya hidup untuk keluarga Siti selama menjalani operasi justru dipolitisisasi oleh sementara pihak.

"Anda akan bisa merasakan kebahagiaan yang tak terhingga saat melihat seseorang yang nyaris kehilangan harapan bisa kembali bangkit. Kalau sampai pilihan saya mengangkat Siti sebagai anak harus membawa konsekuensi saya kehilangan kesempatan sebagai calon gubernur, maka biarlah saya kehilangan kesempatan itu. Saya ikhlaskan. Yang penting saya masih diberi kesempatan untuk berbagi kebahagiaan dengan orang-orang di sekitar saya. Biarkanlah ini menjadi ladang ibadah saya,  kewajiban fardhu kifayah yang saya panggul di atas pundak saya," jelas Rano Karno di Serang, Rabu (23/11).

Sementara Wahdi, ayah Siti, mengaku sedih saat sejumlah pihak mempolitisasi langkah Rano membantu operasi dan biaya hidup untuk Siti dan keluarganya.

"Pak Rano tidak pernah kampanye kalau ketemu kami. Tidak pernah ngomong soal pemilihan gubernur. Kenapa Pak Rano tidak boleh membantu kami dan tidak boleh mengangkat Siti sebagai anak?," Wahdi bertanya.

Setelah beberapa kali Rano menjenguk Siti di rumah sakit sebelum dan pascaoperasi, baru kali ini kunjungannya dipersoalkan sejumlah kalangan.

Rano secara terbuka mengaku membantu biaya operasi Siti dan biaya hidup untuk keluarganya. Di banyak kunjungan itu Rano juga kerap membawa buah-buahan untuk Siti dan keluarga. Di ujung wawancara Rano kembali berujar perjuangan meraih kekuasaan adalah perjuangan mewujudkan cita-cita kemanusiaan.

“Jangan sampai syahwat politik membutakan hati dan nurani kemanusiaan kita. Bagi saya, Siti adalah ujian kepedulian kita pada sesama. Terserah orang lain mau menilai apa,” ujarnya.

Untuk diketahui, Rano Karno adalah kandidat gubenur yang akan berkompetisi pada kontestasi Pilgub Banten 15 Februari 2017 mendatang. Rano berpasangan dengan cawagub Embay Mulya Syarief diusung oleh koalisi partai PDIP, Nasdem dan PPP.

Rano Karno mengunjungi RSUD Banten bersama tim pemenangan, pada Senin (21/11/2016). Tujuannya adalah menjenguk anak angkatnya Siti Fadilah yang dirawat di sana sekaligus menyelesaikan beberapa persoalan administrasi karena Rano Karno sudah berjanji kepada keluarga Siti Fadilah untuk menanggung semua biaya rumah sakit.

Calon petahana Gubernur Banten ini langsung memasuki ruang ortopedi di lantai dasar dan menemui salah satu dokter selama kurang lebih  30 menit. Selanjutnya, Rano Karno memasuki ruang perawatan pasien di lantai tiga.

Di ruang rawat inap salah satu pasien dari Kabupaten Lebak yang mengalami kecelakaan, Rano Karno berinteraksi cukup lama bahkan memberikan bingkisan dan buku biografi “Si Doel.” Rano Karno juga memberikan amplop yang diduga berisi uang. Tak hanya satu pasien, Rano Karno juga memberikan bingkisan kepada pasien lain.

Ketua DPD PDIP Banten HM Sukira mengakui kedatangan Rano Karno merupakan upaya blusukan calon gubernur. “Ya, itu biasa blusukan calon gubernur,” kata Sukira, Senin (21/11).

Kunjungan Rano Karno ke RSUD Banten itu dipersoalkan oleh Panwaslu Kota Serang. Bahkan anggota Panwaslu Kota Serang yang memantau saat Rano Karno berada di RSUD Banten sempat mengingatkan tim pemenangan Rano-Embay bahwa kunjungan ke RSUD Banten itu di luar jadwal.

“Aktivitas paslon tersebut tidak ada dalam jadwal kampanye yang disampaikan tim pemenangan kepada kami,” kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Pencegahan Bawaslu Banten, Eka Satia Laksamana.

Eka mengatakan pihaknya telah menginstruksikan kepada Panwaslu di Kota Serang untuk meminta keterangan tim pemenangan dan pihak rumah sakit terkait kunjungan Rano Karno tersebut.

Pihak Panwaslu Kota Serang telah meminta keterangan dari sejumlah pihak terkait dalam kasus dugaan kampanye terselubung yang dilakukan Rano Karno tersebut.

Direktur RSUD Banten Dwi Hesti Hendarti memenuhi panggilan Panwaslu Kota Serang, Selasa (22/11/2016). Dwi Hesti datang ke Kantor Panwaslu Kota Serang sekitar pukul 14.00 WIB dan langung masuk ke ruangan untuk dimintai keterangan oleh para anggota Panwaslu.

“Saya sendiri nggak ada di kantor waktu itu. Jam 11 kan jam besuk, jadi siapa saja boleh masuk,” ujar Dwi Hesti usai dimintai keterangan oleh Panwaslu Kota Serang.

Hesti menjelaskan, pihaknya tidak mendapat konfirmasi tekait kedatangan Gubernur Banten nonaktif Rano Karno ke RSUD Banten.

“Tidak ada konfirmasi mau datang ke rumah sakit. Komunikasi hanya menanyakan kondisi anak itu (pasien) itu saja. Kata beliau (Rano Karno) pengen diskusi sama dokternya. Kalau rumah sakit kan milik masyarakat," ujarnya.(fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pasangan Penyedia Layanan Bercinta Tiga Orang, Lihat Fotonya!


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler