Rapat Paripurna DPR Sahkan 13 Komisi dan Badan Aspirasi Masyarakat

Selasa, 15 Oktober 2024 – 13:28 WIB
Gedung DPR RI. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN com

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi membentuk 13 Komisi untuk periode 2024-2029 dalam Rapat Paripurna (Rapur) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/10).

Ketua DPR RI Puan Maharani menjadi sosok yang memimpin Rapur untuk mengesahkan penambahan Komisi untuk parlemen di Senayan dari sebelas menjadi 13.

BACA JUGA: Fraksi PKB DPR Sampaikan Komitmen di Depan Demonstran RUU Masyarakat Adat

"Telah menyepakati penambahan jumlah komisi yang semula sebelas komisi menjadi 13 komisi," kata dia saat memimpin Rapur, Selasa.

Puan kemudian meminta persetujuan dari para legislator yang hadir dalam Rapur untuk bersama mengesahkan 13 Komisi di DPR.

BACA JUGA: Israel Serang Pasukan Perdamaian di Lebanon, Sukamta DPR: DK PBB Harus Beri Sanksi Keras

"Kami meminta persetujuan dalam rapat paripurna kali ini terhadap penambahan jumlah komisi menjadi 13 komisi apakah dapat disetujui," tanya Puan.

Para legislator kemudian berteriak setuju. Puan lalu mengetuk palu sekali sebagai resminya pembentukan 13 Komisi di DPR.

BACA JUGA: Beredar Jumlah Komisi di DPR Ada 13, Adies: Komposisi Masih Digodok

Selain 13 Komisi parlemen di Senayan, Rapur pada Selasa ini menyetujui pembentukan Badan Aspirasi Masyarakat DPR RI.

Komposisi keanggotaan dari Badan Aspirasi Masyarakat ialah Fraksi PDI Perjuangan tiga orang, Partai Golkar tiga orang, Gerindra tiga orang, NasDem dua orang, PKB dua orang, PKS dua orang, PAN dua orang, dan Demokrat dua orang.

Kemudian, Rapur juga menyepakati dan mengesahkan penambahan pimpinan serta anggota Badan Keuangan dan Akuntabilitas Negara. (ast/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler