Rapor Sumut Jeblok

Kamis, 30 Januari 2014 – 07:24 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Hasil  evaluasi akuntabilitas kinerja pemerintah (AKIP) pemerintah kabupaten/ kota yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), menunjukkan buruknya kinerja pemkab/pemko di wilayah Sumut.

Masih banyak kabupaten/kota yang nilainya D (kurang), yakni Karo, Labuhan Batu, Nias Barat, Nias Utara, Kota Pematang Siantar, dan Humbang Hasundutan.

BACA JUGA: Rencana Relokasi Berpeluang Batal

Sementara, yang mendapat nilai C (agak kurang) adalah Asahan, Dairi, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu Utara, Langkat, Nias, Nias Selatan, Padang Lawas, Samosir, Serdang Bedagai, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Toba Samosir, Kota Binjai, Kota Tanjung Balai , dan Gunung Sitoli.

Sedangkan yang mendapat nilai CC (cukup baik/memadai) hanya empat, yakni Pakpak Barat, Kota Medan, Kota Sibolga, Tebingtinggi.

BACA JUGA: Temukan Potongan Kaki Terkubur Sedalam 7 Meter

Memang, hanya 26 kabupaten/kota di Sumut yang dinilai tahun ini, tapi terlihat tidak ada kabupaten/kota yang mendapat nilai B. Sedang seluruh Indonesia, tidak ada yang mendapat nilai B (baik), A (sangat baik), ataupun AA (sangat memuaskan). Hasil penilaian itu kemarin (29/1) dipublikasikan Kemenpan-RB di Jakarta.

 Asdep Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan-RB, Gatot Sugiharto mengatakan, evaluasi akuntabilitas kinerja dilaksanakan setiap tahun. Evaluasi mencakup review dan evaluasi atas aspek perencanaan kinerja, aspek pengukuran kinerja, aspek pelaporan kinerja, dan aspek evaluasi kinerja internal, serta aspek capaian kinerja output dan outcome serta kinerja lainnya.

BACA JUGA: Ekspatriat Dituding Turut Tularkan Virus HIV

Evaluasi dilakukan dengan tujuan untuk mendorong peningkatan kualitas akuntabilitas kinerja seluruh instansi pemerintah, dan melihat bagaimana komitmen penerapan manajemen pemerintahan yang berbasis kinerja.

“Semua itu  dalam rangka mencapai salah satu sasaran reformasi birokrasi, yakni terwujudnya instansi pemerintah yang akuntabel dan berorientasi pada hasil, atau outcomes oriented,” ujarnya. (sam/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aceh Punya 25 Titik Sumur Penghasil Migas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler