Ratusan Calon Advokat Ikuti PKPA DPC Peradi Jakbar Bersama Universitas Al Azhar

Minggu, 01 September 2024 – 00:00 WIB
Pelaksanaan PKPA yang diadakan DPC Peradi Jakbar bersama UIA. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPC Peradi Jakarta Barat (Jakbar) Suhendra Asido Hutabarat mengatakan jumlah peserta Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Angkatan IV bersama Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) sangat luar biasa.

“Ini adalah angkatan yang keempat dan luar biasa dengan peserta yang cukup banyak, 240 peserta,” kata Asido dalam acara penutupan PKPA Angkatan IV DPC Peradi Jakbar-UAI di Kampus UAI Jakarta pada Sabtu malam, (31/8).

BACA JUGA: PBH Peradi Cikarang: Bantuan Hukum Gratis Bisa Diberikan ke Korban Penipuan Pencari Kerja

Menurutnya, tingginya jumlah peserta itu menunjukkan bahwa calon advokat sangat percaya pada PKPA yang dihelat DPC Peradi Jakbar di bawah Ketua Umum (Ketum) DPN Peradi Otto Hasibuan.

“Ini juga karena nama besarnya UAI, sehingga menarik minat para calon advokat untuk mengikuti PKPA,” kata dia.

BACA JUGA: Peradi Jakbar Gelar Turnamen Mini Soccer Untuk Meriahkan HUT Kemerdekaan

Dia menyampaikan pihaknya terus menggelar PKPA yang berkualitas sebagai tanggung jawab moral untuk melahirkan calon-calon advokat yang andal, profesional, dan berintegritas.

Terlebih lagi, lanjut dia, saat ini banyak bermunculan organisasi advokat (OA) dan menyelenggarakan PKPA meskipun itu melanggar UU Advokat akibat pembangkangan hukum dengan terbitnya SK Ketua MA Nomor 73/KMA/HK.01/IX/2015.

BACA JUGA: Peradi SAI Gelar Rakernas di Surabaya, Bahas Sejumlah Isu Strategis hingga UU Advokat

“Constitutional disobedience, melanggar Undang-Undang Advokat, yakni SK MA 73. Kami ingin agar para calon advokat dapat mengikuti PKPA yang benar. Tidak ada yang bisa menjanjikan kelulusan [calon advokat]. Kelulusan itu sangat ditentukan dengan kemampuan dari teman-teman,” ucapnya tegas.

‎Ketua Panita PKPA Angkatan IV DPC Peradi Jakbar-UAI, Desnadya Anjani Putri melaporkan, pelaksanaan PKPA UAI Angkatan IV telah terselenggara dari 9 hingga 31 Agustus 2024.

“Pesertanya luar biasa. Antusiasme dan pertanyaannya luar biasa, sulit-sulit. Menandakan teman-teman semua mengikuti dengan baik materinya. Enggak mungkin bisa bertanya kalau materinya saja tidak menyimak,” ujarnya.

Pihaknya mengharapkan semua peserta PKPA Angkatan IV bisa lulus Ujian Profesi Advokat (UPA) yang akan digelar oleh DPN Peradi sekitar bulan Desember mendatang.

‎“Kami menyambut teman-teman semua untuk bergabung di Peradi di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Otto Hasiduan dan bergabung dengan DPC Peradi Jakarta Barat,” katanya.

‎Wakil Dekan Fakultas Hukum (FH) UAI, Akhmad Safik menyampaikan PKPA ini untuk melahirkan calon advokat yang mampu do think right dan do the right thing.

‎“Artinya, Anda bisa menjadi seorang lawyer yang profesional. Do the right thing artinya Anda menjadi seorang lawyer bukan maju tak gentar membela yang bayar, tetapi maju tak gentar membela yang benar,” ujarnya. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ribuan Calon Advokat Ikuti UPA yang Digelar DPN Peradi Pimpinan Otto Hasibuan


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler