Ratusan Pengungsi Rokatenda Diserang Penyakit

Sabtu, 17 Agustus 2013 – 09:58 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Tercatat hingga malam ini sudah 1.003 jiwa warga Pulau Palue, Kabupaten Sikka, NTT telah diungsikan ke Kota Maumere untuk menghindari bahaya erupsi gunung Rokatenda. Namun sebagian besar dari mereka mulai diserang penyakit.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sampai Jumat (16/8) sore tadi dilaporkan jumlah pasien pengungi yang berobat mencapai 493 pasien.

BACA JUGA: Bayi Kembar Tiga Lahir di RSUD Kayuagung

"Sebagian besar pengungsi terserang ISPA, jumlahnya 221 pasien. Pasien Mialgia 60 orang, gastritis 58 pasien, dermatitis atau gatal2 15 pasien, diare dan 6 pasien," kata Sutopo, Jumat malam.

Untuk menjaga agar lingkungan pengungsian tetap bersih, tim penanggulangan bencana di daerah terus melengkapi sarana air bersih dan keperluan mandi cuci kakus. Namun dari 39 MCK yanag diperlukana baru 6 unit yang sudah dibangun, ditambah 10 toilet.

BACA JUGA: ICW : Ada Tiga Kemungkinan

"117 relawan terus memberikan pelayanan pada pengungsi. Bahkan untuk menghibur pengungsi dan relawan, setiap malam diputar film-film komedi," pungkasny.(Fat/jpnn)

BACA JUGA: Kejaksaan Siap Kasasi

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bocah SD Diserang Penyakit Langka


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler