Ratusan Ribu Aparat Amankan Ramadan dan Lebaran

Jumat, 27 Juni 2014 – 20:16 WIB

jpnn.com - JAKARTA -- Ratusan ribu aparat dilibatkan dalam Operasi Ketupat 2014, untuk mengamankan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

Kabag Penum Mabes Polri Kombes Agus Rianto mengatakan bahwa total keseluruhan personel 137.795, terdiri dari unsur Polri sebanyak 86.243 dan dukungan instansi lainnya 51.552 orang.

BACA JUGA: Ormas-ormas Islam Minta Pemerintah Susun Regulasi soal Isbat

Instansi yang dimaksud seperti TNI, Kementerian Perhubungan, dan Jasa Marga serta masyarakat lainnya. Operasi Ketupat 2014 itu rencananya akan digelar selama 16 hari.

"Tapi, tanggal pelaksanaannya belum ditentukan. Namun biasanya pada H-10 hingga H+6," kata Agus di Mabes Polri, Jumat (27/6).

BACA JUGA: Ramadan, Jam Buka Salon Dibatasi

Operasi ini juga untuk mengamankan arus mudik dan balik para pemudik. Agus berharap, kecelakaan lalu lintas dapat ditekan.

Karenanya, Polri mengimbau agar masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor. Apalagi, yang jaraknya tidak terlalu jauh. "Karena tingkat lakalantas motor cukup tinggi," ujar Agus.

BACA JUGA: Sidang Isbat, Menag Sebar Petugas di 30 Titik

Termasuk pula kemacetan di sejumlah titik arus mudik dan balik di Indonesia. Menurutnya, hal itu semua membutuhkan peran serta dari masyarakat. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Awal Ramadan Boleh Beda, Asal Jangan Mengolok-Olok


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler