Re-branding, UTS Fokus Peningkatan Manajemen, Sarana Prasarana dan Digitalisasi

Sabtu, 17 Agustus 2019 – 09:55 WIB
Press Conference & Media Gathering UTS pada Kamis (15/8) di Shangrila Hotel Surabaya. Foto dok UTS

jpnn.com, SURABAYA - Universitas Teknologi Surabaya (UTS) meningkatkan kualitas sarana prasarana, manajemen, dan layanan digital sebagai bagian dari re-branding.

Re-branding kampus UTS ini ditujukan untuk semakin memudahkan dan meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa dan calon mahasiswa di kampus yang terletak di ibukota Jawa Timur ini.

BACA JUGA: Digitalisasi Nozzle Bikin Distribusi BBM Bersubsidi Terkendali

Selain itu, melalui strategi re-branding ini diharapkan kampus UTS bisa terus eksis dan dapat bersaing dengan berbagai kampus dan perguruan tinggi lainnya di tengah ketatnya industri pendidikan Indonesia saat ini.

Ketua Yayasan UTS Budi Darmadi mengatakan re-branding UTS saat ini dilakukan dengan menerapkan beberapa strategi, di antaranya:

BACA JUGA: CEO Siloam Hospitals Group: Digitalisasi Buka Peluang Lebih Luas

1. Akreditasi Program Studi maupun Institusi yang dilaksanakan oleh BAN-PT sebagai legitimasi kualitas program pendidikan perguruan tinggi.

2. Re-design Logo UTS dengan konsep design terkini agar menjadi kebanggaan identitas UTS, serta memperkenalkan juga tagline UTS, yaitu “Pasti Cemerlang atau jadi Gemilang”.

BACA JUGA: Digitalisasi Pangkas Durasi Layanan di Pelabuhan Hingga 15 Persen

3. Menunjuk Chief Marketing Officer (CMO) yang merupakan bagian penting, dengan tugas  pokok mengorganisir proses re-branding kampus UTS, sehingga strategi re-banding dapat dijalankan dengan efektif dan efisien.

4. Menciptakan standar brand untuk kebutuhan marketing UTS dan memanfaatkan para alumni UTS sebagai branding melalui berbagai testimoni di website UTS. Para alumni juga dilibatkan dalam proses Tracer Study, bahkan bisa memberikan kontribusi pada pembentukan Career Center.

Kemudian Rektor UTS, Dr. Y. Kristanto membahas mengenai gratis biaya formulir untuk 300 orang pendaftar pertama via website.

“Sebagai bagian dari strategi re-branding kampus UTS, kami juga akan memberikan gratis biaya formulir untuk 300 mahasiswa baru yang mendaftar via website resmi kami yaitu di www.utssurabaya.ac.id, bahkan kampus UTS juga menyediakan program full beasiswa yang akan diberikan khusus untuk seluruh mahasiswa yang berprestasi," ujar  Kristanto dalam Press Conference & Media Gathering UTS pada Kamis (15/8) di Shangrila Hotel Surabaya.

Kampus UTS juga mewujudkan aplikasi e-management yang saling terintegrasi antar departemen yang mencakup marketing, keuangan, pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan kerja sama.

Keberadaan aplikasi ini akan meningkatkan produktivitas setiap proses dan  bisa menjadi proyek mercusuar yang akan memberikan efek positif mainstream publik bahwa kampus UTS memiliki sistem yang update.

Kampus UTS memiliki keistimewaan dibandingkan perguruan tinggi lainnya, yakni perbedaan kurikulum di UTS yang menerapkan kurikulum lokal dan muatan khusus yang disesuaikan dengan kompetensi pada masing-masing program studi, misalnya di Program Studi S-1 Manajemen, memiliki konsentrasi Manajemen Rumah Sakit dan Manajemen Bisnis.

Kurikulum yang berlaku di UTS pun berdasarkan Permenristekdikti no. 44 tahun 2015 tentang SN-DIKTI.

Sementara itu Wakil Rektor 1 UTS, Dr. Rukin pada kesempatan tersebut mengatakan  seluruh mahasiswa juga diharapkan mampu bersikap dan berperilaku yang berbudi pekerti luhur dalam membawakan diri berkarya dibidang keahliannya maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat, dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadi keahliannya.

“Kampus UTS ini dibangun bukan hanya untuk belajar menimba ilmu, akan tetapi seluruh lulusan UTS itu juga diharapkan dapat melahirkan karakter-karakter yang berbudi pekerti dan lulusannya pasti cemerlang,” papar dia.

Selain itu, katanya, metode pengajaran yang diterapkan di UTS juga memiliki karakteristik khusus di dalam proses pembelajarannya, yang memfokuskan cara interaktif, holistik, integratif, saintifik, konstektual, tematik, efektif dan berpusat pada student center learning.

Dia menambahkan, perencanaan proses pembelajaran telah disusun dan disajikan dalam bentuk Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Kontrak Kuliah, Catatan Kegiatan Proses Pembelajaran (CKPP) dan Bahan Ajar, yang selalu direview secara periodik dengan memperhatikan perkembangan IPTEK, kebutuhan pasar dan regulasi.

Pelaksanaan proses pembelajaran dalam bentuk interaksi antara dosen, mahasiswa dan sumber belajar di dalam atau di luar UTS.

“Yang membedakan kami dengan kampus yang lain adalah dari sisi sumber daya pengajarnya. Tim dosen UTS itu banyak yang berasal dari daerah timur Indonesia dimana mereka bisa berbagi pengalaman, berbagi ilmu pengetahuan serta dapat memperlihatkan juga bahwa di UTS ini memiliki keanekaragaman budaya namun dapat hidup rukun dan tentram," jelas dia.

Untuk mendukung kegiatan perkuliahan, UTS juga menyediakan beragam fasilitas mulai dari ruang kuliah full AC yang didukung oleh tersedianya LCD di setiap ruang kuliah, suasana belajar yang kondusif, nyaman dan penuh kekeluargaan. UTS juga memiliki Ruang Lab. Komputer, Lab. Teknik Elektro, dan Lab Bahasa Inggris.

Kemudian untuk kegiatan ekstra kurikuler UTS juga menyediakan fasilitas kegiatan olahraga yang lengkap, diantaranya olahraga bulu tangkis, tenis meja, karate dan futsal yang akan menjadi pilihan seluruh mahasiswa yang kuliah di UTS.

UTS juga telah bekerjasama dengan universitas lainnya di Indonesia seperti Universitas Muhamadiyah Malang dalam bidang SPMI, STIE NU Gresik dalam bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat hingga Universitas Setia Budi dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengadaan Buku-buku Perpustakaan.

Selain itu, saat ini UTS juga sedang merintis jejaring kerja sama dengan luar negeri.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Digitalisasi Seluruh Operasional, CKB Logistics Gandeng Ramco Systems


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler