Reaksi Mengejutkan Irjen Panca Putra Ketika Dicecar Soal Skema Kaisar Sambo

Senin, 22 Agustus 2022 – 18:58 WIB
Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra. Foto: ANTARA/Humas Polda Sulut

jpnn.com, MEDAN - Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak merespons soal namanya yang masuk dalam skema Kaisar Sambo dan Konsorsium 303 yang viral di media sosial.

Ketika awak media menanyakan soal namanya masuk di skema yang berisi daftar bisnis gelap yang melibatkan sejumlah perwira Polri itu, Irjen Panca tidak menjawab secara gamblang.

BACA JUGA: Wahai Kapolri, Kapolda yang Tidak Becus Mohon Dicopot Saja

Alumnus Akpol 1990 itu bahkan bertanya balik kepada awak media terkait skema yang mencatut namanya itu.

"Menurut lu (wartawan) bagaimana?, begini ya, teman-teman saya harus kasih tahu, yang tahu itu mbak, saya tanya mbak, benar enggak saya (terlibat di Kaisar Sambo,red)?" tanya Panca kepada salah seorang wartawan, Senin (22/8).

BACA JUGA: Profil Irjen Panca, Jenderal yang Sikat Judi di Medan dan Pernah jadi Atasan Ferdy Sambo

Mantan Kapolda Sulawesi Utara itu tidak menjelaskan lebih jauh terkait dugaan pencatutan namanya itu.

Irjen Panca malah mengalihkan isu dan memberikan pesan kepada masyarakat untuk tidak takut berbuat baik.

BACA JUGA: Sebegini Harta Irjen Panca, Senior Ferdy Sambo yang Lagi Gencar Sikat Bandar Judi

"Jadi, saya selalu pesan teman-teman, jangan ragu untuk terus berbuat baik dengan integritas mu, itu pesan saya, maka masyarakat akan merasakan (kebaikan,red)," ujarnya sembari meninggalkan awak media.

Perkumpulan masyarakat Batak sempat mendesak agar orang nomor satu di Polda Sumut itu memberikan klarifikasi atas pencatutan namanya dalam skema Kaisar Sambo dan Konsorsium 303 yang beredar tersebut.

Ketua Umum Horas Bangso Batak (HBB) Lamsiang Sitompul mengatakan pernjelasan secara langsung dari Irjen Panca sangat penting untuk mengembalikan kepercayaan publik.

"Kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian saat ini sangat minim, pasca kematian Brigadir J. Termasuk di Sumut," kata Lamsiang melalui keterangan tertulis yang diterima JPNN Sumut, Sabtu (20/8).

Lamsiang menjelaskan bahwa masyarakat di Sumut sangat mendukung program kerja Polda Sumut yang dipimpin Irjen Panca.

Namun, penyebaran skema Konsorsium 303 dan Kaisar Sambo dapat mengganggu kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri khususnya Polda Sumut.

"Terus terang, kami selama ini sangat mendukung kinerja Irjen Panca Putra Simanjuntak sebagai Kapolda Sumut. Karena kami menilai sangat positif. Dan saya pikir masyarakat Sumut juga demikian," ujarnya. (mcr22/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anak Buah Irjen Panca Putra Tetapkan 5 Tersangka Kasus PMI Ilegal, 2 Masih Buron


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler