Red Bull Mengerikan

Webber Pole, Vettel Kedua, Alonso Pasrah

Minggu, 13 Oktober 2013 – 13:42 WIB

jpnn.com - SUZUKA – Persaingan juara Formula 1 2013 sangat berpeluang berakhir di Sirkuit Suzuka, Jepang, hari ini (13/10). Sebastian Vettel sang pemuncak klasemen sementara berada dalam posisi yang sangat menguntungkan untuk mengamankan gelar juara dunia. Kecepatan mobil Red Bull-Renault jauh meninggalkan para pesaing.

Vettel memang hanya mampu merebut posisi kedua dalam sesi kualifikasi kemarin. Namun, karena pole position direbut rekan setimnya di Red Bull, Mark Webber, seperti biasa, bukan hal yang terlalu sulit bagi Vettel untuk merebut kemenangan.

BACA JUGA: Kontrak Baru Menanti Loew

Sebaliknya, pesaing terdekat Vettel, Fernando Alonso (Ferrari), belepotan dalam kualifikasi. Dia hanya mampu membukukan catatan waktu tercepat kedelapan. Padahal, jika sampai Alonso finis di luar delapan besar dan Vettel menang, persaingan akan berakhir.

Alonso sendiri sudah pasrah jika hari ini Vettel merebut gelar juara dunia keempat beruntun. ’’Bukan target kami untuk menjaga persaingan juara tetap terbuka. Jika Sebastian tidak memenanginya (gelar juara dunia, Red) di sini, dia akan melakukannya di India atau Abu Dhabi,’’ kata Alonso kepada Autosport.

BACA JUGA: Penonton Sepi, tapi Tak Rugi

Melawan dominasi Red Bull, menurut Alonso, adalah sesuatu yang sangat sulit dilakukan. Bisa mengalahkan Mercedes saja, bagi pembalap asal Spanyol itu, sudah sesuatu yang memuaskan. ’’Kami akan berjuang meraih poin sebanyak mungkin dan berjuang finis di depan Mercedes,’’ tegas Alonso.

Memang, Ferrari harus berfokus melawan Mercedes. Khususnya dalam persaingan konstruktor. Posisi Ferrari terancam karena keunggulan mereka dari Mercedes hanya tersisa satu poin (284-283). Melihat konsistensi Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, peluang Mercedes untuk mengejar sangat besar.

BACA JUGA: Rossi Memberi Harapan

Bagi Webber, sukses merebut pole position menjadi pencapaian tersendiri. Itu adalah kali pertama dia mengalahkan Vettel dalam kualifikasi.

’’Ini adalah perpisahan yang sempurna untuk saya,’’ kata Webber yang musim depan tidak berlaga lagi di Formula 1. Kemarin dia membukukan catatan waktu terbaik 1 menit 30,915 detik.

Vettel dalam kualifikasi kemarin sebenarnya mengalami sial. Sistem KERS di mobilnya tidak berfungsi maksimal pada sesi ketiga. Meski sempat diperbaiki dan di-reset, dia tidak punya cukup waktu untuk mengejar ketertinggalan dari Webber. Dengan kondisi seperti itu, sangat mungkin Vettel bisa mengalahkan Webber dalam lomba hari ini. (c5/ang)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Renault Terbanyak Raih Pole Position


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler